KPU Samosir Gelar Rapat Pleno Rekapitulasi Suara

pleno rekapitulasi

topmetro.news – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Samosir gelar rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilu 2019.

“Rapat pleno terbuka ini kami mulai sejak kemarin dan direncanakan selesai dua hari,” kata Ketua KPU Samosir Ika Rolina Samosir di sela skorsing rekapitulasi di Hotel JTS Parbaba, Kecamatan Pangururan, Kamis (2/5/2019)

Rekapitulasi di tingkat kabupaten dilaksanakan sesuai jadwal tahapan. Setelah sebelumnya seluruh panitia pemilihan kecamatan (PPK) di daerah itu menyelesaikan rekapitulasi di tingkat kecamatan.

Meskipun rapat pleno bersifat terbuka, namun penyelenggara membatasi tamu yang diizinkan memasuki ruang rapat. Hal itu karena keterbatasan tempat tersedia.

Rekapitulasi tersebut melibatkan para petugas PPK dari sembilan kecamatan, Bawaslu kabupaten dan saksi parpol serta peserta pemilu.

BACA | KPU Samosir Gelar Rekapitulasi Tingkat Kabupaten

Pengawalan Pleno Rekapitulasi

Demi kelancaran pelaksanaan rapat pleno rekapitulasi hasil pemilu, pihak penyelenggara telah melakukan koordinasi dengan Polres Samosir dan TNI untuk menjaga keamanan lokasi.

Terlihat di lokasi rekapitulasi puluhan personel Polres Samosir bersama personel TNI sudah berjaga di sekitar lokasi untuk mengawal salah tahapan Pemilu 2019 yang digelar di daerah itu.

Ketua KPU Samosir Ika Rolina Samosir menjelaskan bahwa hasil rekapitulasi tingkat kabupaten telah selesai dan akan dilanjut ke tingkat provinsi.

“Rencana Tahapan rekapitulasi tingkat provinsi direncakana empat hari sejak tanggal 4 Mei yang akan datang. Hasil rekapitulasi ini akan kami bawa ke Medan dan kami serahkan ke KPU provinsi. KPU akan mendapat pengawalan dari Polres Samosir,” jelas Ika.

Sementara Kapolres Samosir AKBP Agus Darojat mengatakan sudah menjadi tanggungjawab pihak kepolisian menjaga keamanan proses Pemilu.

“Sudah menjadi tugas Polri melakukan pengamanan pada setiap tahapan pelaksanaan Pemilu. Agar peyelenggaraan pemilu dapat berjalan dengan aman dan lancar. Dan Polres Samosir akan mengawal hasil rekapitulasi tingkat Kabupaten Samosir hingga ke KPU Sumatera Utara di Medan,” ujar Kapolres Samosir.

Sampai pukul 21.00 WIB masih berlangsung pembacaan berita acara rekapitulasi untuk ditandatangani bersama.

reporter | Tetty Naibaho

Related posts

Leave a Comment