Arsenal Tampil Meyakinkan Melibas Valencia 3-1

arsenal melibas valencia

topmetro.news – Arsenal tampil meyakinkan dengan melibas Valencia 3-1, dalam semifinal leg pertama Piala Liga Eropa 2018/19 berlangsung, pada Jumat (03/05/2019) dini hari WIB tadi. Arsenal sempat nyaris menelan kekalahan saat bertemu, dengan gol cepat Valencia di awak babak. Namun, dua striker Arsenal Alexandre Lacazette dan Aubameyang dapat membalikkan keadaan, dengan meraih kemenangan meyakinkan .

Saat pertandingan baru berjalan 11 menit, Arsenal sudah tertinggal lebih dulu berkat gol dari Mouctar Diakhaby. Keunggulan itu tidak bertahan lama, sebab tujuh menit berselang giliran Lacazette yang menggetarkan jala gawang Valencia.

Tujuh menitnya lagi, Lacazette membubuhkan namanya di papan skor untuk kedua kalinya. Kedudukan itu bertahan hingga Pierre-Emerick Aubameyang mencetak gol tambahan untuk Arsenal jelang babak kedua berakhir dan membuat skor menjadi 3-1.

Valencia langsung membuka peluang pertama saat pertandingan baru berjalan selama delapan menit. Sebuah umpan dari Dani Parejo membuat Rodrigo bisa berlari bebas di wilayah pertahanan Arsenal. Ia melepaskan tembakan, namun menyentuh rekannya sendiri, Ezequiel Garay, dan membuat bola melambung tinggi di atas gawang.

Dua menit berselang, gol akhirnya tercipta untuk Valencia. Melalui sepak pojok, Parejo berhasil mengarahkan bola ke kepala Rodrigo. Sang penyerang lalu melepaskan sundulan yang mengarah ke Mouctar Diakhaby dan diteruskan menjadi gol olehnya. 1-0.

Arsenal tak tinggal diam. Pada menit ke-18, mereka berhasil mencetak gol balasan melalui Alexandre Lacazette. Gol itu tak bisa lepas dari jasa Pierre-Emerick Aubameyang yang membuat lini pertahanan Valencia kocar-kacir sehingga Lacazette bisa berdiri bebas di kotak penalti. 1-1.

Di menit ke-25, Arsenal berhasil menggandakan keunggulan. Sebuah umpan silang dari Granit Xhaka menyasar tepat ke kepala Lacazette yang berada di kotak penalti. Melalui sundulan, ia coba menaklukkan kiper Valencia. Bola sempat ditahan, namun sudah terlanjur melewati garis gawang. Wasit pun mensahkan gol tersebut. 2-1.

Setelah itu, tidak banyak peluang yang berhasil diciptakan oleh kedua tim. Tak ada lagi gol yang tercipta di sisa-sisa menit babak pertama sehingga keunggulan Arsenal pun bertahan.

Babak Kedua

Valencia coba mengejar. Di menit ke-50, Carlos Soler menyambar bola liar dari jarak jauh dan mengarahkannya ke gawang Arsenal. Bola tampak bakalan tepat sasaran, sebelum kemudian mengenai Diakhaby dan membelokkan arah bola menjauh dari gawang Arsenal.

Pada menit ke-63, Lacazette bisa saja mencetak hat-trick. Berawal dari umpan silang Aubameyang, penyerang asal Prancis itu mencoba untuk melakukan sundulan di tempat tanpa pengawalan. Sayang ia gagal melakukannya dan bola pun berhasil disapu oleh Jose Gaya.

Lacazette lagi-lagi memberikan ancaman. Pada menit ke-67, Granit Xhaka mencoba peruntungannya melalui tembakan jarak jauh. Kiper Valencia, Neto, masih cukup sigap untuk menepisnya. Lacazette berdiri di dekatnya dan mencoba melakukan rebound. Sayangnya, upayanya berhasil ditahan oleh Gabriel Paulista.

Setelah melakukan serangkaian upaya, Arsenal akhirnya berhasil menambah keunggulannya jelang babak kedua berakhir. Gol ketiga tersebut berawal dari umpan Sead Kolasinac yang menyasar kepada Aubameyang. Striker asal Gabon itu berhasil menerimanya dan melepaskan tembakan untuk mengalahkan Neto. Bola bersarang di gawang dan skor berubah menjadi 3-1.

Di sisa menit yang sedikit, serta margin skor bertambah, Valencia jelas tak bisa mengejar. Hingga wasit meniupkan peluit panjang tanda berakhirnya permainan, kedudukan 3-1 bertahan dan Arsenal pun dinyatakan sebagai pemenang.(TM-YOFE)

Related posts

Leave a Comment