You are here
Hindari Topan Fani, 800.000 Warga India Dievakuasi Internasional 

Hindari Topan Fani, 800.000 Warga India Dievakuasi

topmetro.news – Hampir 800.000 orang di Distrik Pantai Timur India telah dievakuasi dalam menghadapi angin topan besar Fani. Pada Kamis (2/5/2019), para pejabat setempat mengatakan Topan Fani akan membawa angin hingga 200 kilometer per jam.

Negara Bagian Andhra Pradesh dan Tamil Nadu dalam kondisi siaga tinggi.

Topan Fani, yang muncul di Teluk Bengal sekitar 450 km di lepas pantai dan bergerak ke barat. Diperkirakan akan mendarat pada Jumat (3/5/2019) sore di dekat kota suci Puri, Hindu.

Puri juga merupakan tempat bagi Kuil Jagannath yang berusia 858 tahun dan para pejabat khawatir itu bisa rusak oleh topan. Semua sekolah dan universitas di negara bagian telah tutup.

Angkatan Laut India menyatakan telah mengirim tujuh kapal perang ke daerah itu. Juga enam pesawat dan tujuh helikopter bersiap untuk operasi bantuan.

Seorang pejabat departemen pertolongan negara mengatakan 780.000 orang dipindahkan ke tempat-tempat yang lebih aman dalam semalam. Mereka setidaknya berasal dari 13 distrik di Negara Bagian Odisha yang akan menanggung beban badai topan yang kuat.

“Lebih banyak orang dipindahkan ke tempat-tempat yang lebih aman,” kata seorang pejabat dari departemen itu kepada kantor berita AFP, Kamis.

BACA | Banjir Bandang di Samosir Hanyutkan 4 Unit Rumah

Sekitar 1.000 tempat perlindungan telah didirikan di sekolah-sekolah dan gedung-gedung pemerintah untuk menampung lebih dari satu juta orang.

sumber | beritasatu.com

169 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment