You are here
Investor Korea Bakal Bangun PLTG 4,8 GW di Sumut Ekonomi & Bisnis 

Investor Korea Bakal Bangun PLTG 4,8 GW di Sumut

topmetro.news – Investor Korea dibawah pimpinan CEO/Chairman Hanlim Coorporation Mr Paul Han R Lee dan President APW International Group, Hazarin Pohan, menemui Wakil Gubernur Sumut, Musa Rajekshah, di Kantor Gubsu, Jalan Diponegoro, Medan, Senin (13/5/2019).

Pembangkit Listrik Tenaga Gas

Pertemuan tersebut membahas rencana investor Korea membangun Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) berkapasitas 4,8 Gigawatt (GW).

President APW Internasional Group, Hazairin Pohan mengatakan, dirinya dan tim sudah 5 hari berada di Sumut. Bahkan, mereka telah melihat ke KEK Sei Mangkei dan Pelabuhan Kuala Tanjung serta Pelabuhan Belawan.

Hazairin mengungkapkanm setelah melihat beberapa tempat tersebut, pihaknya dan delegasi berkeinginan untuk membangun 4,8 GW pembangkit listrik bertenaga gas di Sumut.

“Diharapkan ini merupakan salah satu solusi yaitu masalah energi yang bukan hanya masalah di Sumatera Utara. Selain itu, juga merupakan masalah nasional yaitu mengusulkan pembangunan pembangkit tenaga listrik di provinsi Sumatera Utara dengan nilai proyek sebesar 5. 5 miliar dolar AS,” kata Hazairin.

Pemprovsu Dukung Investor Korea

Sementara itu, Wagubsu Musa Rajekshah mengatakan, Pemprov Sumut akan membantu apa yang menjadi kewenangan Pemprov, sehingga pembangunan pembangkit listrik tenaga gas tersebut segera terwujud.

Wagubsu menambahkan, investasi pembangkit listrik ini ada perizinan-perizinan di luar kewenangan Pemprov Sumut yang harus dilengkapi.

“Apalagi investasi ini dari negara luar akan ada tahapan-tahapan dari pemerintah pusat,” ujar Wagubsu yang akrab disapa Ijeck itu.

Pekerja Orang Lokal

Ijeck juga berpesan agar nantinya pada saat investor Korea tersebut melakukan pengerjaan PLTG itu, sebaiknya mempekerjakan tenaga kerja lokal atau orang Sumut. Tidak hanya sekadar pekerja lapangan, tetapi juga untuk posisi yang strategis.

Penulis | Erris JN

540 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment