You are here
Stok Gula Bulog Sumut 1.700 Ton, Cukup Penuhi Permintaan Lebaran Ekonomi & Bisnis 

Stok Gula Bulog Sumut 1.700 Ton, Cukup Penuhi Permintaan Lebaran

Topmetro.News – Stok gula Bulog di Sumut sebesar 1.700 ton dengan harga jual di pasar dipastikan di bawah atau sesuai harga eceran tertinggi (HET) Rp12.500 per kg. Dengan jumlah stok gula Bulog ini, diperkirakan cukup memenuhi kebutuhan menyambut perayaan hari besar keagamaan seperti Idul Fitri tahun ini.

Stok Gula Bulog Harganya Sesuai HET

“Stok gula 1.700 ton itu aman hingga Lebaran,” ujar Basirun, Kepala Perum Bulog Sumut di Medan, Sabtu (18/5/2019).

Lantaran stok aman, kata dia lagi, harga jual pun diyakini tetap aman atau paling tinggi sesuai HET Rp 12.500 per kg.

Bulog, ujar Basirun seperti disiarkan antaranews, terus memantau ketersediaan dan harga gula di pasar disamping menggelar sejumlah kebijakan seperti pasar murah yang bekerjasama dengan Pemko Medan.

“Harga gula paling tinggi harus sesuai HET yang sebesar Rp12.500 per kg,” ulangnya.

Meski stok gula Bulog terbilang cukup aman, perusahaan plat merah ini juga bersiap memperkuat stok dengan meminta pasokan dari pusat.

Pasokan Gula di Sumut Terjamin

Pasokan gula Sumut dari pulau Jawa karena produksi pabrikan di Sumut tidak mencukupi.

“Yang pasti, Bulog menjamin stok gula aman dan harga gula paling mahal Rp12.500 per kg” katanya.

Hal serupa diungkapkan Zonny Waldi, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumut. Kata dia Pemprovsu terus mengawal ketersediaan dan harga bahan pokok agar tetap stabil.

“Stok gula memang aman seperti bahan pokok lainnya termasuk bawang putih yang sudah di OP (operasi pasar) kan,” katanya.

baca juga | PULUHAN PABRIK PTPN3 MULAI MENGGILING, STOK GULA AMAN

Seperti disiarkan Topmetro.news sebelumnya, stok gula aman pasca 23 unit pabrik gula di bawah naungan Holding Perkebunan Nusantara PTPN3 mulai melakukan aktivitas penggilingan. Dimulainya aktivitas penggilingan dimaksud membuat stok gula aman untuk kebutuhan Ramadan dan Lebaran tahun ini.

Seorang pejabat PTPN3 mengatakan, hingga kini stok gula di gudang pabrik gula milik holding dan RNI sebanyak 251 ribu ton.

Jika dengan estimasi konsumsi nasional 250 ribu ton per bulan, stok itu cukup sampai satu bulan ke depan. ’’Apalagi, ini sudah masuk musim giling,’’ kata pejabat itu beberapa waktu lalu.

Di lingkungan holding, ada beberapa pabrik gula yang sudah giling. Di antaranya, tiga pabrik gula di Jateng, 17 pabrik gula di Jatim milik PTPN X dan PTPN XI, serta tiga pabrik gula di luar Jawa. Dengan begitu, pihaknya memastikan stok bakal melimpah.

reporter | jeremitaran

148 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment