Agar Asam Lambung Tidak Naik, Ini Tips Tidur Setelah Sahur

asam lambung

topmetro.news – Ada cara agar asam lambung tidak naik ketika berpuasa. Saat kita menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan, umat muslim memang disunahkan untuk melakukan sahur. Kegiatan ini tentunya akan mengubah jam tidur selama satu bulan penuh. Jadi sangat wajar jika kita akan merasakan kantuk luar biasa saat makan sahur. Ada yang punya kebiasaan tidur setelah sahur?

Rasa kantuk setelah sahur membuat banyak orang yang bergegas untuk tidur lagi setelah melaksanakan salat shubuh. Memang ada sejumlah dampak negatif yang akan dirasakan kalau langsung tidur setelah sahur. Salah satunya adalah asam lambung yang naik.

Memang sangat disarankan jangan langsung tidur begitu saja setelah sahur. Tubuh kita perlu waktu untuk mencerna semuanya. Langsung tidur hanya akan membuat lemak bertumpuk dan jadi makin buncit. Ini juga yang menyebabkan berat badan menjadi naik.

Tak hanya itu, makanan yang baru masuk ke perut bisa berbalik, tadinya di lambung kemudian malah menuju kerongkongan. Hal itu biasanya disebut refluks.

Namun, jangan khawatir. Ada tips tidur setelah sahur agar asam lambung tidak naik.

Kalau kamu mengalami refluks, hal pertama yang akan kamu rasakan adalah kerongkongan terasa panas seperti terbakar. Selain itu, mulut juga akan jadi terasa pahit.

Hal ini tentu akan mengganggu puasamu. Itulah mengapa memberikan jeda waktu setelah sahur dan sebelum kembali tidur sangat penting.

Tips lain selain memberikan jeda waktu adalah mengakhirkan makan sahur. Malam sebelumnya tidurlah lebih awal, lalu saat bangun untuk sahur, tubuh sudah segar.

Dengan begitu saat selesai makan sahur, tak merasa mengantuk lagi karena kebutuhan tubuh untuk istirahat sudah terpenuhi sebelumnya.

Tips tidur setelah sahur agar asam lambung tidak naik lainnya adalah tidur dengan menggunakan bantal yang lebih tinggi.

Hal tersebut untuk mencegah gaya grativitasi agar tidak membuat makanan dan asam lambung naik ke tenggorokan.

sumber | suara.com

Related posts

Leave a Comment