Bupati Samosir Letakkan Batu Pertama Pembangunan Coffe Shop Geopark Kaldera Toba

coffe shop

topmetro.news – Bupati Samosir Drs Rapidin Simbolon MM meletakkan batu pertama pembangunan coffe shop di Pusat Geopark Kaldera Toba Sigulati, Kecamatan Sianjur Mulamula Senin (27/5/2019).

Pembangunan coffe shop di Pusat Geopark Kaldera Toba Sigulatti tersebut merupakan bantuan CSR PT Inalum ke Kabupaten Samosir. Tahap pertama bantuan yang disalurkan PT Inalum sebesar Rp495 juta. Akan digunakan untuk pembangunan coffe shop, penataan taman dan lampu. Pihak PT Inalum akan menyerahkan bantuan CSR untuk pengembangan geopark kaldera toba sebesar Rp1,3 miliar yang akan dicairkan dalam tiga tahap.

Bupati Samosir Drs Rapidin Simbolon MM mengatakan bahwa Pemkab Samosir optimis untuk memperbaiki peninggalan sejarah/budaya yang mampu mendatangkan wisata dan dengan datangnya wisatawan akan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat Sianjur Mulamula.

“Berbagai pembangunan untuk memelihara Budaya Batak khususnya di Sianjur Mulamula akan terus dilaksanakan. Salah satunya rumah parsaktian yang ada di Sigulatti akan ditata. Dengan demikian akan ada kesakralan rumah parsaktian tersebut,” kata Rapidin Simbolon.

Bupati Samosir Rapidin Simbolon meletakkan batu pertama pembangunan coffe shop | topmetro.news

Arahan Bupati

Rapidin menekankan agar masyarakat ikut menjaga kebersihan lingkungan dan tidak merusak lingkungan/menebang hutan sembarangan. Termasuk ikut serta mengawasi perambahan hutan.

“Orang yang menghargai budaya adalah orang yang besar. Masyarakat tidak perlu takut, pemerintah sifatnya membangun. Dan bukan untuk menguasai apa yang ada di Sianjur Mulamula,” ujar Rapidin.

Bupati Rapidin berharap, ke depan tetap mengharapkan kerjasama yang baik dengan PT Inalum dan bantuan yang lebih besar guna pengembangan berbagai sektor. Termasuk pelestarian budaya di Kabupaten Samosir.

Ketua FKTM Sianjur Mulamula Mangoloi Sagala dan Raja Bius Sianjur Mula mula sangat mendukung pembangunan dan pemgembangan geopark. Mereka berharap PT Inalum tetap membantu pengembangan Geopark Kaldera Toba.

Manager PKBL dan CSR PT Inalum Tober Sidabutar mendukung sepenuhnya pembangunan sarana pendukung di area Geopark Kaldera Toba di Sianjur Mulamula.

Diharapkannya pekerjaan dapat diselesaikan tepat waktu dan tepat sasaran. Sehingga tahap selanjutnya dapat dilanjutkan guna percepatan pengembangan geopark.

reporter | Tetty Naibaho

Related posts

Leave a Comment