Terduga Bomber Kartasura Sering Nonton Video Aksi ISIS

terduga pelaku

topmetro.news – Tak lama berselang pascapeledakan bom Pospam Lebaran di Kartasura, Tim Densus 88 Antiteror menggeledah rumah terduga pelaku.

Dari informasi yang berhasil dihimpun, Tim Densus menggeledah rumah terduga pelaku bernama Rofik Asharuddin alias RA (22), Selasa (4/6/2019) pukul 02.00 WIB dini hari, di Dusun Kranggan, Desa Wirogunan, Kartasura, Sukoharjo.

Seusai menggeledah, polisi kemudian membawa kedua orangtua Rofik, yaitu Muhtadi dan Sukinem untuk diperiksa lebih lanjut.

Menurut tetangganya, Tumirin (30), terduga pelaku Rofiq sebelumnya dikenal sebagai pribadi yang mudah bergaul dan aktif dalam berbagai kegiatan di desanya. Namun, pemuda itu berubah sejak meninggalkan desanya sekitar dua tahun lalu. Sampai sekarang, warga setempat tidak tahu kemana perginya Rofiq saat itu.

“Ada kabar ke luar Jawa atau kemana gitu. Katanya belajar agama. Tetapi, anehnya sejak kembali lagi ke desa sini dia jadi malas ke masjid,” kata Tumirin.

Perubahan Drastis

Menurut Tumirin, sejak kepulangannya itu Rofiq berubah menjadi tertutup dan tidak mau bergaul dengan tetangganya. Rofiq bahkan sering menghilang beberapa lama, kemudian pulang lagi.

Munawar (20) teman masa kecil Rofik mengungkapkan, sebulan lalu dia menawarkan pekerjaan kepada Rofiq. Namun, Rofiq menolak tanpa alasan yang jelas. Munawar juga tidak mengetahui secara pasti alasan yang membuat perubahan drastis pada sikap Rofiq.

Perubahan drastis yang dilihatnya, Rofik mulai senang nonton video dokumentasi perang dan aksi-aksi radikal dari ISIS di ponselnya.

BACA | Polri: Jaringan JAD Akan Ledakkan Bom di People Power

Kapolda Jateng Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel mengatakan, terduga pelaku diketahui berinisial RA dan merupakan warga setempat. Rycko mengatakan, pihaknya masih terus mendalami untuk mengungkap jaringan korban yang diduga pelaku peledakan tersebut dari semua bukti yang didapatkan dari olah TKP.

sumber | beritasatu.com

Related posts

Leave a Comment