Puluhan Pekerja Pabrik Mancis Tewas di Langkat

puluhan pekerja tewas

topmetro.news – Puluhan pekerja tewas terbakar di sebuah pabrik mancis di Langkat. Kebakaran hebat itu menghanguskan sebuah pabrik mancis di Jalan Tengku Amir Hamzah, Desa Samberejo, Kabupaten Langkat, Sumut, Jumat (21/6/2019) siang.

Para saksi mata mengatakan, para pekerja yang mayoritas perempuan itu terjebak dalam kobaran api. Akibatnya, tanpa ampun, puluhan pekerja pabrik itu pun tewas terpanggang.

Kondisi para korban saat ditemukan pun sudah sangat sulit dikenali. Mereka ditemukan dalam keadaan mengenaskan, bergelimpangan di lokasi pabrik tersebut.

Kasubbid Penmas Polda Sumut AKBP MP Nainggolan mengatakan, polisi masih belum bisa memastikan jumlah korban jiwa dalam kebakaran itu. Petugas, kata dia, masih berupaya memadamkan api. Saat ini, polisi sudah di lokasi untuk selanjutnya mendata jumlah korban dan mengidentifikasi para korban.

“Namun berdasarkan dugaan awal, lebih dari 10 orang menjadi korban kebakaran karena terjebak di dalam,” kata MP Nainggolan.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, karyawan pabrik mancis ini berjumlah 24 orang. Tiga orang karyawan dikabarkan berhasil menyelamatkan diri. Sementara 21 orang lainnya masih belum diketahui kabarnya.

Puluhan Tewas

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Langkat Irwan Syahri juga menkonfirmasi kebakaran hebat itu. “Benar. Terjadi kebakaran di Sambirejo sekitar pukul 12.00 WIB. Kami baru mendapat laporan dari camatnya,” kata Irwan Syahri.

Dia memaparkan, berdasarkan informasi sementara yang diterimanya, 21 orang meninggal dunia di dalam peristiwa itu. Mereka diduga terjebak di dalam pabrik. “Tapi kita belum bisa memastikan jumlah itu. Karena ini masih laporan awal,” jelas Irwan.

Foto dan video puluhan pekerja tewas terbakar itu sudah beredar di media sosial. Para korban tampak bertumpuk dalam kondisi hangus. “Korban dilaporkan sudah sulit dikenali,” sebut Irwan.

Mengenai penyebab kebakaran itu, Iwan mengatakan pihak terkait masih melakukan penyelidikan. Sementara pemadam kebakaran sudah berhasil menjinakkan si jago merah.

Pihak BPBD Langkat saat ini tengah menyiapkan evakuasi para korban. Mereka mengupayakan untuk mendatangkan kantung mayat. “Ini jumlahnya kan banyak. Jadi butuh banyak kantung mayat. Mungkin kita akan berkoordinasi dengan BPBD Sumut,” jelas Irwan.

Kasubbid Penerangan Masyarakat Bidan Humas Polda Sumut AKBP MP Nainggolan juga memastikan kebenaran peristiwa kebakaran itu. “Korban diperkirakan di atas 10 orang,” sebut Nainggolan.

berbagai sumber

Related posts

Leave a Comment