Presiden AFF Gembira, ASEAN Siap Jadi Tuan Rumah Piala Dunia 2034

asean siap jadi tuan rumah piala dunia

topmetro.news – Presiden Federasi Sepakbola Asia Tenggara (AFF), Mayor Jenderal Khiev Sameth, gembira setelah tahu petinggi-petinggi negara ASEAN, berkeinginan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034. Sameth mengaku bakal berjuang agar keinginan tersebut dapat terlaksana.

“AFF menyambut baik para petinggi negara ASEAN yang memberi pengumuman bahwa mereka menjanjikan dukungan kepada kami untuk menjadi tuan rumah bersama di Piala Dunia 2034. Kami selalu berpendapat, kami memiliki potensi untuk menjadi rumah Piala Dunia yang sukses,” kata Sameth, pada Selasa (25/06/2019).

“Piala Dunia yang diselenggarakan oleh ASEAN akan menghasilkan manfaat ekonomi dan olahraga bagi wilayah ini. Selain itu, Piala Dunia juga akan memperkuat ikatan 640 juta penduduk di kawasan ASEAN,” lanjut pria yang baru menjabat sebagai presiden AFF pada Sabtu 22 Juni 2019 tersebut.

Sebelumnya, petinggi-petinggi di kawasan ASEAN mengeluarkan dukungan agar mereka bisa menjadi tuan rumah bersama di Piala Dunia 2034. Hal itu diungkapkan perdana menteri Thailand, Prayut Chan-ocha, saat menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi ke-34 ASEAN di Bangkok, Thailand pada Minggu 23 Juni 2019.

Sejauh ini, ada 10 negara ASEAN yang siap menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034. Mereka ialah Indonesia, Thailand, Singapura, Malaysia, Vietnam, Laos, Kamboja, Myanmar, Filipina dan Brunei Darussalam. Meski Piala Dunia 2034 akan diikuti 48 negara, hal yang mustahil jika 10 negara ASEAN menjadi tuan rumah secara bersamaan.

Dipekirakan, maksimal hanya akan ada tiga negara yang maju mewakili ASEAN di Piala Dunia 2034. Empat di antaranya adalah Indonesia, Thailand, Malaysia dan Vietnam jadi yang berpeluang menggelar event empat tahunan tersebut.

Menjadi tuan rumah secara bersamaan, Indonesia, Thailand, Malaysia dan Vietnam memiliki cukup pengalaman. Mereka sempat menjadi tuan rumah bersama di Piala Asia 2007. Menarik menanti siapa yang akhirnya dipilih FIFA untuk menggelar event sepakbola terakbar tersebut.(TMN)

Sumber:okezone.com

Related posts

Leave a Comment