Tips Memanaskan Mesin Motor Injeksi

TOPMETRO.NEWS – Memanaskan mesin sepeda motor di pagi hari tentu sudah menjadi kebiasaan kita sehari-hari, tujuannya adalah memberi pelumasan yang lebih baik dan menyeluruh setelah mesin semalaman tidak digunakan dan menjadi ‘dingin’.

Namun perlu diketahui jika memanaskan mesin sepeda motor yang sudah injeksi sedikit berbeda dengan mesin yang masih karburator.

Pada mesin yang masih menggunakan karburator dilengkapi komponen untuk mempermudah mesin dihidupkan di pagi hari seperti tuas choke maupun autochoke.

Nah pada mesin injeksi komponen tersebut tentu sudah tidak ada lagi, digantikan oleh beberapa sensoryang berfungsi mendeteksi kondisi mesin seperti sensor CKP (crankshaft), sensor throttle position, sensor tekanan oli dan sensor idle air control valve. Hadirnya sensor tersebut tentu membuat mesin lebih mudah dihidupkan dibandingkan model karburator.

Lama memanaskan mesin sepeda motor injeksi pun tidak perlu terlalu lama, cukup 2 hingga 3 menit saja sembari gas diputir perlahan saja. Jika terlalu lama dipanaskan akam membuat leher kenalpot cepat menguning karena terlalu panas.(TMN)

Related posts

Leave a Comment