Ketua Forum DAS Asahan Dapat Penghargaan dari Menhut LH

Robert Tua Siregar PhD

topmetro.news – Ketua Forum DAS Asahan Toba Robert Tua Siregar PhD memperoleh penghargaan dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Siti Nurbaya Bakar. Penghargaan diberikan pada Hari Kamis (27/6/2019).

Disebutkan, pemberian penghargaan dimaksud adalah dalam rangka Hari Degradasi Lahan se-Dunia. Juga sekaligus dalam rangkaian acara Pencanangan Pohon Kacang Macademia di DAS Asahan Toba.

“Sebagai penggagas dan pemerhati lingkungan, Robert Tua Siregar diberi penghargaan tersebut, pada acara Pencanangan Pengembangan Macadamia untuk rehabilitasi hutan dan lahan pada tanggal 27 Juni 2019 di Huta Ginjang Kabupaten Tapanuli Utara,” sebut seorang sumber kepada media ini, Jumat (28/6/2019).

Ditambahkan, bahwa acara dimaksud dihadiri oleh Gubsu Edy Rahmayadi, Menko Ekoin Darmin Nasution, Menteri Kehutanan dan LH Siti Nurbaya Bakar. Hadir juga para bupati dari delapan kabupaten sekitar Danau Toba.

Kacang Macadamia

Penghargaan itu diberikan atas dorongan dan ide Robert Tua Siregar sebagai Ketua Forum DAS Asahan Toba untuk jenis tanaman di sekitar DTA Danau Toba. Dimana tanaman itu disebut bernilai ekologial, ekonomis, dan sosiologis.

Sementara Robert Tua Siregar PhD yang dihubungi media ini, menjelaskan secara ringkas, nilai-nilai yang dimiliki tanaman itu. Disampaikan dia, bahwa jenis kacang ini memiliki nilai ekologial yang baik. Yakni bisa untuk konservase lahan dalam puluhan tahun.

Dari sudut nilai ekonomis, Kacang Macadamia dikatakan punya nilai tinggi. “Nilai ekonomis biji kacang ini memiliki nilai jual tinggi. Mencapai Rp400.000-Rp500.000/kg. Sehingga akan membantu ekonomi masyarakat,” katanya.

Dan terakhir, dari sudut sosiologis, Kacang Macadamia juga punya nilai bagus. “Yaitu akan dapat mendorong masyarakat secara holistic untuk membudayakan cinta lingkungan,” katanya.

reporter | Jeremi Taran

Related posts

Leave a Comment