Jemaah Haji Diimbau Jaga Kesehatan, Suhu di Kota Makkah Capai Lebih 40 Derajat

kota makkah

topmetro.news – Suhu cuaca di Kota Makkah mulai ekstrem, atau naik hingga lebih dari 40 derajat Celcius pada siang hari. Namun, biasanya berubah dingin pada malam harinya, sehingga jemaah calon haji Indonesia diimbau untuk menjaga kesehatan, dan selalu menggunakan pelindung.

Kepala Daerah Kerja (Daker) Makkah Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) 1440 H/2019, Subhan Cholid di Kantor Urusan Haji Indonesia Daker Makkah, seperti yang dilansir indonesiainside.id, pada Jumat (12/07/2019), mengatakan laporan cuaca pada 10 Juli 2019 berkisar antara 37-42 derajat Celcius. Dan untuk, pada Jumat (12/07/2019), Kota Makkah, Arab Saudi suhu cuaca disaat shalat Jumat mencapai 40 derajat celcius. “Jamaah kami imbau untuk tidak berlama-lama di terik matahari tanpa pelindung,” katanya.

Pihaknya memperkirakan, suhu akan semakin meningkat hingga mencapai lebih dari 50 derajat celcius pada saat puncak haji tahun ini. Oleh karena itu, ia mengimbau agar jamaah calon haji Indonesia benar-benar menyiapkan diri secara fisik, dan mental untuk menghadapi cuaca yang sangat berbeda dengan kondisi di Tanah Air. “Kemudian alas kaki jangan sampai lupa, karena sangat panas di aspal dan bebatuan yang ada di Makkah,” katanya.

Subhan Cholid juga mengimbau, ketika jamaah menuju dan masuk ke Masjidil Haram juga sebaiknya membawa kantong untuk alas kaki. Serta diimbau jemaah haji Indonesia, tetap untuk menjaga kesehatan selama menunaikan ibadah haji. “Supaya nanti kalau keluar dari Masjidil Haram dia tetap membawa alas kaki yang bisa dipakai baik sandal maupun sepatu. Tak lupa, jemaah harus menjaga kesehatan yang terpenting,” katanya. (TMN-YOFE)

Related posts

Leave a Comment