Puncak HUT Adhyaksa, Kembali tak Ada Sidang Pidum di PN Medan

tidak ada sidang

topmetro.news – Puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Adyaksa -populer disebut: Hari Bhakti Adhyaksa (HBA)- ke-59, Senin (22/7/2019), kembali tidak ada sidang perkara-perkara tindak pidana di PN Medan.

Pemandangan serupa juga terjadi Senin pekan lalu berkaitan dengan acara pembukaan Pekan Olahraga (POr) yang diikuti kejaksaan sejajaran Sumut, dipusatkan di Kantor Kejatisu Jalan A Haris Nasution Medan.

Tidak satu pun mobil maupun truk pengangkut tahanan yang biasanya acap ‘bertengger’ di bagian belakang Gedung PN Medan. Ketujuh ruang sidang berukuran kecil dan sedang (Ruang Kartika) serta ruang sidang utama berukuran besar, biasanya digunakan sidang-sidang tipikor, sejak siang hari, tampak kosong melompong. Tak ada sidang.

Sementara pantauan awak media, puncak peringatan HBA ke-59 di halaman belakang Gedung Kejatisu berlangsung upacara. Dilanjutkan dengan penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba POr, yakni: Unsur jaksa, pegawai maupun honorer kejaksaan sejajaran Sumut.

Disampaikan di Sidang

Humas PN Medan Djamaluddin SH MH ketika dikonfirmasi awak media, Senin siang, membenarkan tentang adanya korelasi antara puncak peringatan HBA ke-59 sejajaran Sumut dengan diundurkannya sidang perkara-perkara tindak pidana. Sedangkan persidangan untuk perkara perdata berjalan seperti biasa.

“Bukan ditiadakan sidangnya. Tapi diundur sidangnya. Mulai besok mereka (penuntut umum-red) sudah aktif kembali,” katanya.

Juru Bicara PN Medan tersebut belum bisa memastikan ada tidaknya pemberitahuan dari kejaksaan. Misalnya berupa surat resmi pemberitahuan penundaan sidang bertepatan dengan peringatan HBA ke-59 tersebut. Namun dirinya sampai Senin petang kemarin, belum ada menerima surat pemberitahuan dimaksud.

Koordinasinya, imbuh Djamaluddin, barangkali setiap jaksa penuntut umum pada persidangan sebelumnya sudah memberitahukan kepada majelis hakimnya masing-masing bahwa persidangannya diundur ke hari lain.

“Disampaikan di dalam ruang sidang itu kan resmi namanya. Dan secara langsung beberapa jaksa juga pernah memberitahukan kepada saya bahwa tidak bisa sidang pada hari ini karena berkaitan dengan puncak peringatan Hari Adhyaksa,” demikian Djamaluddin.

reporter | Robert Siregar

Related posts

Leave a Comment