Kesyahbandaran Utama Belawan Komit Menuju Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi

Kesyahbandaran Utama Belawan

topmetro.news – Kesyahbandaran Utama Belawan komit bahwa Pelabuhan Belawan menuju Zona Integritas melalui Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK). Namun hal tersebut harus didukung oleh seluruh pihak terkait, agar dapat menjadi contoh pelabuhan dengan pelayanan terbaik khususnya di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Belawan, Sugeng Wibowo kepada wartawan, saat melaksanakan kegiatan coffee morning, kemarin.

“Coffee Morning adalah kegiatan rutin guna mengingatkan kembali para stakeholder, bahwa Kantor Kesyahbandaran Utama Belawan sudah mulai melaksanakan Program WBK. Hal tersebut dalam rangka menunjang keberhasilan Pembangunan Nasional, melalui pembangunan yang berintegritas,” kata Sugeng.

Menurut Sugeng saat ini, Standar Operasional Prosedur (SOP) biasanya dua hari selesai, namun jika selesai sebelum dua hari, pihaknya akan menghubungi.

Kesyahbandaran Utama Belawan Laksanakan Percepatan Pelayanan

Selain SOP, lanjut Sugeng, bahwa ada beberapa sistem yang memudahkan baik untuk para Stakeholder maupun pengguna jasa di Pelabuhan Belawan, dengan  melalui sistem online dan Pelaksanaan kegiatan Percepatan Pelayanan.

“Dalam menyiapkan pelayanan sudah kita siapkan ruang tunggu dengan fasilitas yang dibutuhkan. Seperti ruang santai untuk ngopi dan minum teh juga ada beberapa fasilitas lainnya,” jelas.

Sugeng menambahkan, untuk pengurusan dokumen kapal, pihaknya sudah menerapkan sistem online. Mulai dari pendaftaran maupun keperluan lainnya guna mempercepat proses kepengurusan.

“Sedangkan untuk pemeriksaan kapal, harus ketemu langsung dan sama-sama menuju ke lokasi kapal,” terang Sugeng.

Sugeng menerangkan, untuk program nelayan mereka sudah berkoordinasi dengan stakeholder di Pelabuhan Belawan untuk meningkatkan kesejahteraan Masyarakat Nelayan.

“Kita terus berkoordinasi dengan steakholder dengan tujuan kesejahteraan masyarakat nelayan,” pungkasnya.

Acara coffee morning juga dihadiri Kepala Otoritas Pelabuhan Belawan Jece Julita Piris beserta pejabat utama. Ada juga General Manager PT. Pelindo (Persero) I Cabang Belawan, Yarham Hamid, Wakapolres Pelabuhan Belawan, Kompol Taryono Raharja.

Reporter | Irwan Pane

Related posts

Leave a Comment