Kapoldasu Calon Kapolri, Nih 3 Calon Kuat Lainya!

kapoldasu calon kapolri

Topmetro.News – Kapoldasu calon Kapolri. Orang nomor satu di Mapoldasu ini masuk bursa calon Kapolri. Begitu pun, masih ada 3 jenderal lainnya yang cukup diperhitungkan dan digadang-gadang calon kuat pengganti Jenderal Tito Karnavian itu.

Kapoldasu Calon Kapolri, Lulusan Akpol 1989

Setidaknya itu dikatakan Neta S Pane, Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) yang menyebutkan ada empat nama jenderal polisi yang masuk dalam bursa calon Kapolri menggantikan Jenderal Pol Tito Karnavian.

“Keempat calon kuat ini seluruhnya dari jenderal bintang dua (Irjen) dari berbagai angkatan Akademi Kepolisian,” kata Neta, sebagaimana dilaporkan Antara, Jumat (2/8/2019).

Tiga Calon Kapolri Lainnya

Pertama, sebut Neta, Irjen Pol Agus Andriyanto yang kini menjabat sebagai Kapolda Sumatera Utara (Kapoldasu). Sosok pria perwira ini merupakan lulusan Akpol angkatan 1989.

Kedua, sambung Neta Irjen Pol Luki Hermawan (Kapolda Jawa Timur) yang merupakan lulusan Akpol angkatan 1987, seangkatan dengan Tito.

Ketuga, lanjut Neta lagi, Irjen Pol Gatot Eddy Pramono yang kini menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya yang merupakan lulusan Akpol Angkatan 1988.

Terakhir, menurut Neta Irjen Pol Ahmad Dofiri yang kini menjabat sebagai Kapolda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), seorang lulusan terbaik (Adhi Makayasa) Akpol angkatan 1989.

Pangkat Dinaikkan Jadi Bintang 3, Komjen

Informasi yang dihimpun IPW menyebutkan calon pengganti Tito harus lebih dulu dinaikkan pangkatnya menjadi jenderal bintang tiga (Komjen) sebelum dijadikan sebagai calon Kapolri.

“Dalam waktu dekat ini memang ada dua Komjen yang akan pensiun, yakni Kabaharkam Komjen Pol Condro Kirono dan Wakapolri Komjen Pol Ari Dono Sukmanto,” kata Neta.

Dia mengungkapkan sejumlah sumber di Mabes Polri berharap calon Kapolri pengganti tidak satu angkatan dengan Tito, tetapi dari angkatan Akpol yang lebih muda sehingga terjadi regenerasi pimpinan di lembaga kepolisian.

Namun, kata dia, keputusan akhir tetap ada di tangan Presiden RI Joko Widodo sebagai pemegang hak prerogatif.

Ramainya bursa calon Kapolri, menurut dia, seiring ramainya bursa calon kabinet yang akan dibentuk Jokowi dalam waktu dekat, termasuk Tito yang berpeluang ditarik menjadi menteri.

baca juga | KAPOLRI: ”KAPOLRES, KAPOLSEK GAK BISA BERANTAS KEJAHATAN DAN PREMAN, SAYA COPOT!”

Sebagaimana dilaporkan TOPMETRO.NEWS sebelumnya,– Kapolri Jenderal Tito Karnavian memerintahkan kapolres dan kapolsek di seluruh wilayah di Indonesia untuk melaksanakan operasi penangkapan pelaku kejahatan konvensional dan kejahatan jalanan.

Perintah itu untuk menjaga stabilitas keamanan menjelang Hari Raya Natal 2017 dan Tahun Baru 2018.

“Saya sampaikan, kepada kapolres, kapolsek, bersihkan semua tempat dari calo, copet, tukang todong, jambret, tukang bius, semua preman dan segala macamnya,” ujar Tito di Istana Kepresidenan Bogor, Rabu (6/12/2017).

Tito menegaskan akan mencopot para kepala satuan wilayah itu jika masih ada laporan terjadi tindak kejahatan jalanan dan kejahatan konvensional.

“Yang enggak bisa, saya copot!” tegas Tito.

reporter | jeremitaran

Related posts

Leave a Comment