Enzo Zenz Allie Diduga Terpapar HTI, Begini Sikap Tegas Menhan

Taruna Akmil

topmetro.news – Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu menanggapi kabar soal Taruna Akmil (Akademi Militer) TNI Enzo Zenz Allie yang diduga simpatisan Hizbut Tahrir Indonesia atau HTI.

Nama Enzo terkenal setelah video viral dia diajak bicara dalam Bahasa Prancis oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dalam ujian pantauan akhir (pantukir).

Menurut Ryamizard, latar belakang Enzo Zenz Allie adalah keturunan Prancis. Ayahnya Jean Paul Francois asal Prancis dan Siti Hajah Tilaria asal Sumetera Utara. Menurut Menhan, prajurit TNI harus taat pada UUD 45 dan Pancasila sebagai ideologi bangsa.

“Enggak ada urusan! Saya cari-cari dari Sabang sampai Merauke, mau cari itu di depan mata saya. Copot saja!” ujar Ryamizard di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (7/8/2019).

Ryamizard mengatakan, tak akan memberikan toleransi kepada siapa pun prajurit TNI jika benar sebagai simpatisan HTI. “Kalau benar, saya suruh (Mabes TNI) berhentiin,” tandasnya.

Dalam video, Panglima TNI terlihat bercakap-cakap dengan Enzo Zenz yang fasih berbahasa Prancis. Pria 18 tahun ini juga disebut mampu berkomunikasi dalam empat bahasa. Yaitu Inggris, Arab, Prancis, serta Indonesia.

“Dilihat dari seleksinya memenuhi syarat. Yang viral itu pull up-nya, larinya, ya itu dihitung semua secara fisik. Kemudian psikologinya semuanya memenuhi syarat,” kata Hadi Tjahjanto di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (6/8/2019).

TNI Selektif

Belakangan beredar tangkapan foto akun Facebook Enzo Zenz Allie dan ibunya yang isinya dinilai mendukung ide khilafah dan HTI. Akun Facebook Salman Faris yang mengungkap itu.

“Penasaran dengan sosok Enzo Allie. Remaja blasteran Indonesia-Prancis yang viral karena lolos jadi anggota TNI. Iseng nyari akun FB-nya. Wah ngeri-ngeri sedap juga rupanya. Anak ini bersama ibunya yang bernama Hadiati Basjuni Allie terindikasi kuat sebagai simpatisan HTI. Pendukung khilafah dan anti-pemerintah. Kalau ayahnya sendiri yang berkebangsaan Prancis, menurut informasi telah wafat. Bukan apa-apa, sekedar kewaspadaan saja. Jangan sampai TNI memelihara anak ular,” demikian tulisan unggahan Salma.

BACA | Hakim Tolak Gugatan Praperadilan Status Tersangka Kivlan Zen

TNI pun menyatakan sedang mendalami informasi tentang Enzo Zenz Allie. Kepala Pusat Penerangan TNI Mayor Jenderal Sisriadi menegaskan, TNI sudah sangat selektif menyaring calon Taruna Akmil.

sumber | tempo.co

Related posts

Leave a Comment