Sitanggang Parsamosir Bikin Murka Netizen, Bakar Uang Saat Live di Media Sosial

sitanggang par samosir

Topmetro.News – ‘Sitanggang Parsamosir’ tiba-tiba saja viral. Pemilik akun @Sitanggang Parsamosir membuat video live di media sosial Facebook sedang membakar uang. Nilai uang yang dibakar dengan menggunakan mancis itu pun bervariasi antara Rp 50 ribu, Rp 10 ribu dan Rp 2 ribu. Ironisnya tingkahnya yang membuat video tak cuma beredar di facebook tapi termasuk instagram. Tak pelak lagi, kelakuan Sitanggang Par Samosir membakar uang sontak menuai murka dari para netizen.

sitanggang par samosir
foto | facebook

Sitanggang Parsamosir Posisinya di Bandung

Lewat grup Facebook @viralbatak mengatakan, pelaku melakukan aksinya saat live di Facebook. Dia juga menduga pria itu berada di Kota Bandung.

“AKUN FB atas nama SITANGGANG PARSAMOSIR telah melakukan Tindak Pidana dengan MEMBAKAR UANG secara Live. Diduga posisi pelaku berada di Bandung,” katanya sebagaimana dilaporkan tagar.id.

Selanjutnya akun Facebook Batak Viral ini bagikan screenshot seorang pria bakar uang hingga ‘booming’ di media sosial.

sitanggang par samosir3
foto | tribunnews

Rusak Mata Uang Resmi

Akun itu menyimpulkan tindakan pria itu merupakan tindakan pidana yang berupaya merusak dan menghancurkan mata uang resmi Indonesia.

“Pasal 35 Pada UU no.7 Tahun 2011 Menjelaskan Bahwa Sanksi Terhadap Tindakan Merusak, Memotong, Menghancurkan dan Mengubah Rupiah Dengan Maksud Merendahkan Kehormatan Rupiah Sebagai Simbol Negara Yaitu PIDANA PALING LAMA 5 TAHUN DAN DENDA PALING BANYAK Rp 1 MILIYAR,” tambahnya.

Lantas di mana posisi pria itu? Hingga kini belum ada yang tahu. Namun tersiar kabar, pemilik akun Sitanggang Par Samosir bekerja di Koperasi Serba Usaha “Sitanggang Tulas Jaya” di Unit Bandung, Kecamatan Mandalajati Cikadut.

Diduga Sudah Dihapus

Memang, video itu kini sudah tidak ada lagi. Diduga telah dideleter (dihapus) si pemilik akun. Namun screenshot hasil dari pembakaran yang ada di video itu berhasil diabadikan netizen. Hingga kini, screenshot di akun Batak Viral itu mencapai komentar 2.800 kali dan 2.500 kali dishare (dibagikan).

Minta Pemilik Akun Dipenjara

Tak sedikit netizen yang murka terhadap kelakuan si pemilik akun. Mereka umumnya melayangkan cercaan, ada juga yang meminta agar dia dipenjara atas tindakannya membakar uang rupiah itu.

“Penjaraakan aja blagu amat.. sumpahin miskin lho,” cibir pemilik akun @Mohammad Arif Andre.

“Nilai Rupiah memang Rendah. Tp nilai harga diri Bangsa kita sangat tinggi. Soo jgn pk cara gitu dong kawan…kita hars junjung tinggi nama Bangsa kita.kalau mmg kamu cerdas dan pintar kasih cara yg jelas aja tuk menginspirasi kemajuan Bangsa kita ke depannya,” sambut pemilik akun @Rose Linda Purba.

baca juga | LAPORKAN AKUN HOTMAN PARIS, FARHAT ABBAS: ITU BLUE FILM DI INSTAGRAM

Seperti disiarkan topmetro.news sebelumnya, Akun Instagram atas nama pengacara kondang @hotmanparisofficial dilaporkan oleh Farhat Abbas ke Polda Metro Jaya. Akun tersebut dilaporkan atas tuduhan pelanggaran Undang-Undang ITE.

“Iya. Jadi ada beberapa LSM dan masyarakat yang komplain, memberikan kuasa ke saya untuk buat laporan dan bukti-bukti,” kata Farhat Abbas saat dikonfirmasi wartawan, Jumat, 2 Agustus 2019.

Akun itu dilaporkan Farhat ke polisi karena diduga menyebarkan konten berbau pornografi. Meski demikian, ia belum mengetahui apakah akun itu dikelola Hotman Paris atau bukan.

“(Postingan yang dilaporkan) enggak bisa kita (tunjukkan). Itu juga sudah dihapus sama mereka. Kita enggak bisa ekspos itu karena sudah diserahkan ke penyidik,” Farhat Abbas.

Adapun barang bukti yang dilampirkan dalam laporan tersebut, salah satunya, hasil tangkapan layar dari akun Instagram Hotman Paris.

“Itu blue film yang ada di Instagram. Itu bukan hanya merugikan, pribadi tapi bangsa dirugikan gitu. Itu menghina bangsa Indonesia dan wanita Indonesia,” kata Farhat Abbas kemudian.

Sementara itu, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Argo Yuwono mengatakan, pihaknya telah menerima laporan sang pengacara. Saat ini, mereka mulai menyelidiki laporan itu.

reporter | jeremitaran

Related posts

Leave a Comment