Kebutuhan Singapura: Durian, Rambutan, Kopi dan Gula Merah, Eksportir Mana?

kebutuhan singapura

Topmetro.News – Kebutuhan Singapura ada di Medan. Setidaknya ini diakui Konjen Singapura untuk Kota Medan Mr Richard Grosse menggelar silaturahmi dengan Wali Kota Medan Drs H T Dzulmi Eldin S MSi diwakili Wakil Wali Kota Ir H Akhyar Nasution MSi di JW Marriot Hotel, Medan, Kamis (15/8/2019).

Kebutuhan Singapura Ada di Medan

Kepada Wakil Wali Kota, Mr Richard menjelaskan, Singapura saat ini mengharapkan kerjasama di bidang perdagangan dengan Kota Medan. Guna mendukung kelancaran kerjasama, dia sengaja membawa langsung Menteri Perdagangan dan Industri Singapura. “Dengan kedatangan Menteri Perdagangan dan Perindustrian ini, kita dapat mengetahui lebih jelas perdagangan apa yang bisa dikerjasamakan dengan Kota Medan,” kata Mr Richard.

Selanjutnya Mr Richard pun memperkenalkan Menteri Perdagangan dan perindustrian Singapura serta satu persatu pendamping lainnya. Kemudian Mr Richard mempersilakan Mr Che Hong That untuk mempaparkan secara jelas sekaitan kerjasama bidang perdagangan.

Diungkapkan Mr Che, kebutuhan Singapura saat ini meliputi pasokan buah-buahan dari Kota Medan, seperti durian dan rambutan.

Di samping itu, lanjutnya, Singapura juga membutuhkan gula merah dan kopi.

“Kita berharap agar Kota Medan bisa mensuplainya dan Singapura siap menerimanya. Kita membutuhkan cukup banyak durian, rambutan, gula merah dan kopi,” ungkap Mr Che.

Apresiasi Tawaran yang Diajukan

Sementara itu, Wakil Wali kota mengapresiasi tawaran yang diajukan Mr Chee.

Orang nomor dua di Pemko Medan itu langsung meminta Kadis Perdagangan Kota Medan segera menindaklanjuti tawaran ini.

“Tentunya tawaran ini peluang bisnis yang baik bagi Kota Medan, terutama para eksportir kita. Apalagi menurut Menteri Perdagangan dan Perindsutrian Singapura, mereka siap menampung dalam jumlah besar, artinya demand-nya sangat tinggi,” terang Wakil Wali Kota.

Diakui Wakil Wali kotya, meski pun Kota Medan bukan sentra penghasil durian, rambutan, gula merah dan kopi namun ibukota Provinsi Sumatera Utara ini merupakan pusat perdagangan di Sumatera Utara.

Dengan begitu daerah sentra produksi durian, rambutan, gula merah serta kopi akan memasarkannya di Kota Medan.

Eksportir Diminta Tangkap Peluang Pasar

Terbukti papar Wakil Wali kota, Kota Medan tidak pernah kehabisan durian meski masuk buah musiman seperti yang terlihat di sejumlah lokasi penjualan durian yang ada, begitu juga dengan kopi, bisa dipastikan seluruh kopi terbaik dari Sumut dengan mudah didapati di Kota Medan.

“Kita harapkan para eksportir kita bisa menangkap peluang ini. Untuk itu kita minta kepada Kadis Perdagangan segera menindaklanjuti tawaran ini,” harapnya.

Tukar Nomor Kontak

Usai silaturahmi, Wakil Wali Kota pun langsung mengistruksikan Kadis Perdagangan untuk tukar nomor kontak (ponsel) dengan Menteri Perdagangan dan Perindustrian Singapura, guna mempermudah hubungan selanjutnya.

Dalam silaturahmi yang dirangkaikan dengan sarapan pagi bersama itu, Richard membawa Menteri Perdangangan dan Industri Singapura Mr Chee Hong Tat didampingi sejumlah stafnya yakni Jasmine Quah Zubair, Lei Jiahui, Joanne Tan dan Chew Hewee Yong.

Sedangkan Wakil Wali Kota turut didampingi Asisten Umum Setdako Medan Renward Parapat dan Kadis Perdagangan Kota Medan Damikrot.

baca juga | DURIAN TERMAHAL DI DUNIA TERJUAL RP 700 JUTA

Seperti disiarkan Topmetro.News sebelumnya, durian termahal di dunia, mungkin ada di Thailand. Sebuah durian termahal di dunia telah laku terjual. Harganya pun cukup fantastis yakni seharga 1,5 juta baht (setara Rp 685 juta). Durian dimaksud dijual di sebuah lelang amal di Thailand.

Dari lelang itu terungkap, hanya ada dua pendapat mengenai durian, raja buah-buahan atau buah paling bau yang bisa dibayangkan.

Untuk sebuah raja buah-buahan, berapa nilainya? Seorang pecinta makanan Thailand yang kaya tampaknya telah menjawab pertanyaan itu baru-baru ini.

Katanya, posisi durian cukup kontroversial – Anda sangat suka atau Anda sangat benci.

Bau busuknya membuat buah ini dilarang dari angkutan umum, hotel dan pesawat di negara-negara tertentu.

reporter | jeremitaran

Related posts

Leave a Comment