Gubsu: Fungsi Lapangan Merdeka Medan Harus Dikembalikan

Lapangan Merdeka Medan

topmetro.news – Usai pelaksanaan Upacara Detik-detik Peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia di Lapangan Merdeka Medan, Sabtu (17/8/2019), perhatian Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi langsung tertuju pada semrawutnya lapangan itu.

Mantan Pangkostrad itu menegaskan Lapangan Merdeka Medan harus dikembalikan pada fungsinya sebagai tempat bersejarah. Juga jadi ruang terbuka hijau dan tempat yang ramah dan nyaman bagi masyarakat Sumut.

“Lapangan Merdeka Medan harus merdeka,” ujar Edy dengan nada tegas kepada wartawan usai upacara itu. Dia pun minta dukungan para awak media atas pengembalian fungsi lapangan itu.

Dia mengatakan senang dan bangga karena pelaksanaan upacara HUT RI yang berjalan tertib dan lancar di lapangan itu. Hanya saja Lapangan Merdeka itu harus ditata kembali. “Ke depan tempat ini harus didesain kembali. Antara lain menjadi tamannya rakyat, tempat bagi rakyat melakukan hiburan di sini,” ujar Edy.

Lapangan Merdeka Bebas Kuliner

Pengembalian fungsi Lapangan Merdeka yang disebutkannya itu, juga termasuk bebas dari tempat-tempat kuliner yang ada di lahan lapangan itu. Sebab, lapangan itu harus bebas dari hal-hal yang membuat fungsinya terganggu.

Menurut Edy, tidak saja dirinya selaku Gubernur Sumut yang berkomitmen mengembalikan fungsi Lapangan Merdeka Medan. Tetapi juga harus dilakukan seluruh masyarakat Sumut. “Karena ini adalah Lapangan Merdeka yang harus kita merdekakan,” sebutnya.

Ditanya soal kapan tempat-tempat kuliner di pinggir Lapangan Merdeka itu dibereskan, menurutnya hal itu berjalan bertahap. Sesuai rencana sambil melakukan koordinasi-koordinasi dengan pihak-pihak terkait.

Gubernur Edy tidak terlalu memperdulikan soal masih adanya kerjasama Pemko Medan dengan pihak ketiga yang mengelola tempat-tempat kuliner itu. “Persoalan-persoalan itu akan bisa kita selesaikan kalau kita bersatu padu menegakkan suatu kebenaran,” pungkas Edy.

reporter | Erris JN

Related posts

Leave a Comment