Dewan Pers Verifikasi Faktual topmetro.news dan Harian Top Metro

topmetro.news – Verifikasi topmetro.news, diharapkan menjadi panduan bagi media online yang sudah memenuhi persyaratan untuk diverifikasi. Khususnya bagi media online yang akan diverifikasi di daerah Sumatera Utara.

Demikian disampaikan Wakil Ketua Dewan Pers Hendry CH Bangun, Kamis (22/8/2019), saat mengunjungi Kantor topmetro.news dan Kantor Harian Top Metro di Jalan Denai, untuk verifikasi faktual, sebagai salah satu persyataran untuk menjalankan aktivitas bagi perusahaan media, baik cetak maupun online.

Pada kesempatan itu, Hendry CH Bangun juga menyemangati media online topmetro.news, karena ternyata pembacanya suda cukup banyak. “Diharapkan ke depan, media online topmetro.news bisa bersaing dengan media nasional di Jakarta. Apalagi tingkat pembacanya cukup banyak ujar,” Hendry CH Bangun.

Proses verifikasi itu sendiri berlangsung lancar. Hendry CH Bangun didampingi Pemimpin Umum Top Metro Rony Purba, Pimred topmetro.news Erris Julietta Napitupulu, dan Pimred Harian Top Metro Lilik Riadi Dalimunthe. Hadir juga para redaktur, wartawan, layout, dan staf Top Metro Group, baik cetak maupun online.

Wajib Verifikasi

Wakil Ketua Dewan Pers Hendry CH Bangun saat mengunjungi Kantor Harian Top Metro dan topmetro.news di Jalan Denai, untuk verifikasi faktual | topmetro.news

Disampaikan Hendry CH Bangun, bahwa seluruh perusahaan yang menjalankan bisnis media wajib mengikuti verifikasi seperti itu. Ditegaskannya, verifikasi terhadap media-media tersebut sangat penting guna mencegah penyalahgunaan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Proses verifikasi itu sendiri dilakukan dengan pemeriksaan kelengkapan berkas. Kelengkapan berkas yang diperiksa antara lain akte pendirian perusahaan, izin Menkumham, izin HO, Tanda Daftar Perusahaan, dan lainnya. Selanjutnya melakukan tanya jawab serta melihat kesinkronan antara berkas dengan kondisi faktual.

Sekitar dua jam lebih melakukan verifikasi, tim dari Dewan Pers kemudian meninggalkan Kantor Top Metro Group. Sebelum meninggalkan lokasi, Hendry Bangun menyampaikan, bahwa semua hasil yang diperoleh akan dibawa ke rapat pleno Dewan Pers di Jakarta.

Sedangkan Pemimpin Umum Top Metro, Pimred topmetro.news, dan Pimred Harian Top Metro menyambut baik verifikasi dimaksud. Mereka sepakat, bahwa verifikasi seperti itu memang perlu dilakukan, agar keberadaan media, khususnya online, semakin terdata dengan baik.

“Dan tentunya akan semakin meningkatkan wibawa dan media itu sendiri,” kata Rony Purba, seraya menyampaikan harapan, semoga Harian Top Metro dan topmetro.news lolos untuk menjadi media terverifikasi secara faktual.

Pimred Harian Top Metro Lilik Riadi Dalimunthe bersama Pemimpin Umum Top Metro Rony Purba, didampingi Pimred topmetro.news Erris Julietta Napitupulu menyerahkan berkas-berkas kepada Wakil Ketua Dewan Pers Hendry CH Bangun | topmetro.news

reporter | Jeremi Taran

Related posts

Leave a Comment