Paul MA Simanjuntak Minta Kadis Realistis Tetapkan Target

Gedung Parkir

topmetro.news – Pos parkir retribusi jalan umum di Dinas Perhubungan Medan diharapkan bisa mencapai target di tahun 2020. Jangan hanya di atas kertas saja yang dianggarkan begitu besar. Namun capaiannya, justeru sangat mengecewakan. Selain itu, sudah saatnya Medan miliki gedung parkir.

“Di tahun 2018 saja, ditargetkan dari pos parkir retribusi jalan umum sebesar Rp43,81 miliar. Sementara capaian (realisasi) yang didapatkan hanya Rp19,71 miliar,” ujar anggota DPRD Medan Paul Mei Anton Simanjuntak SH, Sabtu (24/8/20-19) di gedung dewan.

“Kita harus realistis dalam menganggarkan pendapatan agar realisasinya tidak jauh dari target yang dibuat,” ujarnya.

Kalau target dari pos ini dinaikkan pada tahun 2020 sebesar Rp60 miliar, perlu dilakukan juga peningkatan SDM yang ada di dalamnya. Sehingga bisa bekerja sesuai dengan yang diharapkan. “Mampu kah SDM di Dinas Perhubungan itu nantinya merealisasikan pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor itu,” ujar Bendahara FPDIP DPRD Medan itu.

Kalau ada kenaikan dari target tahun sebelumnya, dengan melihat realisasinya, seharusnya dishub mampu menambah kinerjanya dengan bekerja keras. Karena hitungan kerjanya harus tiga kali lipat dari tahun sebelumnya. Karena realisasi dari target tahun sebelumnya kurang dari 45 persen.

Untuk itu, Paul juga berharap target di dinas ini tidak menjadi kepentingan politik anggaran saja. Pemko Medan harus mencari cara untuk merealisasikan target yang ditetapkan.

Gedung Parkir

Selain itu, dia juga menyoroti penataan tempat parkir di Kota Medan harus ditingkatkan. Karena volume kenderaan setiap hari meningkat. Ditambah lagi dengan perilaku pengendara yang kurang tertib berlalulintas adn kurang taat aturan sehingga seringkali parkir sembarangan.

“Dishub diharapkan juga melakukan penataan perparkiran di Kota Medan dengan melakukan pembinaan kepada para juru parkir khususnya di inti kota yang seringkali mengabaikan kelancaran arus lalu lintas,” ujarnya.

Sebagai ibu kota propinsi seharusnya Kota Medan sudah memiliki gedung parkir roda 4 ke atas yang dikelola dishub. Sehingga kendaraan tidak parkir di sepanjang trotoar Lapangan Merdeka atau ruas jalan di seputaran Lapangan Merdeka, Benteng serta pusat perkantoran di sekitarnya.

Tempat parkir yang ada di Lapangan Merdeka saat ini misalnya, terlalu kecil untuk menampung kendaraan yang parkir. Sehingga perlu dibangun gedung parkir lagi. Dengan adanya gedung parkir ini, diharapkan bisa mengurai kemacetan di inti kota.

reporter | Jeremi Taran

Related posts

Leave a Comment