Taput Daerah Toleransi, Bupati Buka Sosialisasi Kebangsaan

Taput Daerah Toleransi

Topmetro.News – Taput daerah toleransi, Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan, M. Si membuka Sosialisasi Kebangsaan ‘Gali Mutiara Pancasila dan Tumbuh Kembangkan Semangat Gotong Royong Bersama Umat Lintas Agama/Denominasi’ bertempat di Aula Kantor Bupati, Tarutung, Selasa (27/8/2019).

Taput Daerah Toleransi2
foto kiriman | volmer74silalahi

Taput Daerah Toleransi, Pancasila Harus Diamalkan

Sosialisasi yang dilaksanakan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Republik Indonesia dihadiri Staf Khusus Dewan Pengarah BPIP Dr. Lia Kian, Direktur Hubungan Antar Lembaga BPIP Elfrida Siregar, Ephorus HHBP Dr. Darwin Lumbantobing STh, Kepala kelompok Staf Ahli Ideologi Pancasila KSAD Brigjend Ardiansyah Triono dan Forkopimda/mewakili serta jajaran Pemkab Tapanuli Utara.

“Pembinaan dan pengenalan Ideologi Pancasila harus mulai dari usia dini, dimulai dari pendidikan formal terendah sampai tingkat mahasiswa sehingga Pancasila itu bukan sekadar hafalan tetapi harus diamalkan. Pancasila lahir melalui pemikiran yang sangat dalam oleh Bung Karno sebagai salah satu pendiri Bangsa ini,” ucap Bupati mengawali sambutannya.

Bupati menjelaskan Tapanuli Utara merupakan daerah dengan toleransi yang tinggi dengan berbagai keberagaman dan juga konsep budaya ‘Dalihan Natolu’ dalam budaya Batak yang mengajarkan toleransi dalam bermasyarakat.

“Tapanuli Utara merupakan daerah yang sangat toleran, penuh damai dan cinta kasih dimana masyarakat bisa menerima perbedaan dan juga diikat oleh ‘Dalihan Natolu’. Melalui sosialisasi ini, mari jadikan Taput menjadi miniatur Pancasila NKRI. Semua perbedaan itu adalah ciptaan Tuhan maka Pancasila harus tetap menjadi Idiologi Bangsa dan harus terus dijaga,” ucap Bupati sekaligus membuka Sosialisasi.

Usai sambutan Bupati, acara dilanjutkan dengan paparan beberapa panelis dan tanya jawab dengan tema ‘Membumikan Pancasila, Merawat Keberagaman’.

Taput Daerah Toleransi3
foto kiriman | volmer74silalahi

Pertahankan Budaya dan Sejarah

Dalam paparan Dewan Pengarah BPIP menjelaskan bahwa Sosialisasi Kebangsaan ini merupakan upaya Pemerintah melalui BPIP untuk menumbuhkan nilai-nilai Pancasila di tengah-tengah masyarakat.

“Kita dipercaya Pemerintah untuk mempertahankan Pancasila, mari bersatu dalam mengamalkan Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat. Mutiara yang perlu digali artinya kita harus mempertahankan budaya dan sejarah di tengah-tengah globalisasi,” ucap Dr. Lia Kian.

Sosialisasi yang diikuti oleh FPK, FKUB, BKAG, LADN dan berbagai Organisasi Kemasyarakatan/Kepemudaan, juga dihadiri oleh Pj. Sekda Parsaoran Hutagalung, para Staf Ahli Bupati, para Asisten dan Pimpinan OPD.

baca juga | BUPATI TAPUT RAIH OPINI WTP UNTUK KELIMA KALINYA

Seperti disiarkan topmetro.news sebelumnya, Bupati Taput Drs. Nikson Nababan M. Si, hadir dalam acara Penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan dan Pemantauan, Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) TA 2018, Laporan Pertanggungjawaban Penerimaan dan Pengeluaran Bantuan Keuangan Partai Politik dari APBD 2018, Pemantauan Penyelesaian Kerugian Daerah Semester I TA 2019 dan Pemantauan Tindak Lanjut Rekomendasi Hasil Pemeriksaan BPK Per 21 Maret 2019, di Auditorium Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Sumatera Utara, Medan, Kamis (28/3/2019).

Kepala Perwakilan BPK Perwakilan Propinsi Sumatera Utara Ambar Wahyuni dalam sambutannya menyampaikan, bahwa saat ini merupakan penyerahan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Tapanuli Utara sebagai Kabupaten Tercepat menyerahkan Laporan Keuangan 18 Februari 2018 dengan opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) sebagai opini yang kelima kalinya.

Dalam sambutannya mewakili seluruh Kabupaten /Kota se-Sumatera Utara, Bupati Taput menyampaikan terimakasih kepada masyarakat Tapanuli Utara yang selalu mendukung roda pemerintahan dan pembangunan di Tapanuli Utara sehingga berjalan sinergi dan transparan dan ini merupakan harapan dan doa terbaik masyarakat Tapanuli Utara.

reporter | jeremitaran

kiriman | volmer74silalahi <volmer74silalahi@gmail.com>

Related posts

Leave a Comment