APGN Symposium, Agenda Bersejarah Bagi Masyarakat NTB

Gubernur Provinsi NTB

topmetro.news – Gubernur NTB (Nusa Tenggara Barat) Dr H Zulkieflimansyah mengatakan, ditunjuknya Lombok sebagai lokasi ‘The 6th Asia Pacific Geopark Networks (APGN) Symposium 2019’, sangat berarti bagi masyarakat NTB.

Agenda ini akan menjadi sejarah bagi masyarakat NTB dan sebagai pendorong untuk terus mengembangkan potensi yang dimiliki oleh daerah.

Gubernur Provinsi NTB saat memberi sambutan dalam acara pembukaan acara Symposium APGN 2019 di Hotel Lombok Raya, Mataram, Selasa (3/9/2019) mengatakan, masyarakat NTB telah dilanda bencana gempa bumi tahun 2018 lalu. Beberapa kali gempa besar dan ribuan kali gempa kecil. Namun gubernur memuji semangat masyarakat NTB yang terus berupaya bangkit pascagempa.

“Orang yang kuat adalah orang yang terjatuh tujuh kali, namun mampu bangkit delapan kali,” tutur orang nomor satu di NTB itu.

Gubernur NTB menyampaikan hal itu di hadapan Presiden Global Geopark Network Guy Martini, Executive Chairman of Indonesian National Commission for UNESCO Prof Dr H Arief Rachman, dan pihak terkait lainnya.

BACA JUGA | Drama ‘Tiga Rahasia Rinjani’ Meriahkan Opening Ceremony APGN 2019

Masyarakat NTB Kuat

Wartawan topmetro.news dengan Gubernur NTB | topmetro.news

Ia menambahkan, menjadi tuan rumah APGN merupakan momentum untuk menunjukkan pada dunia bahwa masyarakat NTB itu kuat. “Tahun lalu, kami dilanda gempa bukan hanya tujuh kali. Namun lebih dari dua ribu kali. Namun masyarakat NTB mampu menunjukkan kepada dunia bahwa mereka bangkit lebih dari tiga ribu kali,” kata Gubernur yang diikuti oleh tepuk tangan para peserta.

Dr H Zulkieflimansyah mengatakan, pihaknya sadar dan setuju untuk mengelola warisan geologi dengan pendekatan kebijakan yang ril. Yaitu dengan melakukan perlindungan kawasan, memajukan pendidikan, serta pembangunan berkelanjutan.

“Saya berharap kegiatan APGN menjadi forum untuk berbagi pengalaman. Serta untuk belajar bagaimana mengelola potensi alam demi kelangsungan hidup masyarakat di masa mendatang,” ujarnya.

reporter | Erris JN

Related posts

Leave a Comment