Apakah Anda Tahu, Ini Keunggulan Berenang Dibandingkan Latihan Lainnya

Keunggulan Berenang

Topmetro.News – Keunggulan berenang, mungkin tak banyak orang tahu. Sebenarnya jika Anda ingin membentuk otot, Anda perlu latihan. Namun berenang, salah satu bentuk kardio yang bisa membantu Anda semakin dekat dengan tujuan Anda. Setidaknya itu salah satu keunggulan berenang.

Keunggulan Berenang
foto | bandungkita

Keunggulan berenang, Otot Dibangun Gerakan Ulang

Cindy Dallow, PhD, seorang ahli diet olahraga dan pelatih triathlon sebagaimana dilansir laman MSN, Senin (2/9/2019) menyebut, otot dibangun oleh gerakan berulang dan menggunakan otot yang sama berulang-ulang.

Plus, kata dia, tidak seperti udara yang Anda lewati saat berlari atau berjalan, air memberikan sedikit perlawanan, membuat tantangan yang lebih besar pada otot Anda.

Kegiatan ini merangsang sintesis protein otot, yang meningkatkan kekuatan, dengan asumsi protein yang dikonsumsi cukup.

“Keunggulan berenang meningkatkan kekuatan di beberapa otot bahu dan punggung,” jelas Dr. Dallow.

Tingkatkan Kapasitas Aerobik

Hal yang lebih penting, berenang bisa meningkatkan kapasitas aerobik dan kebugaran kardiorespirasi.

Dalam sebuah penelitian, wanita yang berenang selama 60 menit tiga kali seminggu selama 12 minggu menunjukkan peningkatan signifikan dalam fleksibilitas dan daya tahan kardiovaskular, selain kehilangan lemak tubuh.

Meski begitu, untuk membentuk tubuh Anda dengan lebih baik, Anda harus mengikuti rutinitas latihan kekuatan Anda.

Hal ini bisa membantu mencegah cedera di kolam renang.

“Banyak perenang menderita cedera bahu, sehingga memiliki tubuh bagian atas yang kuat membantu mencegah hal itu terjadi, selain menjadikan mereka perenang yang kuat,” pungkas Dr. Dallow sebagaimana diberitakan jaringan berita nasional JPNN.

baca juga | TAK BISA BERENANG, HANYUT DI PEMANDIAN ALAM, PELAJAR SD TEWAS

Sebagaimana diwartakan Topmetro.News sebelumnya, diduga tak bisa berenang, Muhammad Alpin (8) warga Jalan Karya Dusun II A Desa Baru, Kecamatan Pancur Batu, Kabupaten Deli Serdang, tewas akibat hanyut dan tenggelam di Sungai Kuala Desa Namorih, Kecamatan Pancur Batu, Sabtu (31/8/2019).

Info yang diterima menyebutkan, awalnya korban yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) ini bersama 4 orang temannya menuju ke Sungai Kuala Desa Namorih. Setibanya di pemandian alam itu, korban dan temannya pun langsung mandi-mandi.

Tak lama kemudian, tiba-tiba saja korban terseret arus sungai. Karena tak bisa berenang korban pun hanyut sejauh beberapa meter dari lokasi semula dan tenggelam ke dasar sungai.

reporter | jeremitaran

Related posts

Leave a Comment