Ketua Pengadilan Tinggi Sumut Lantik 100 Anggota DPRD Sumut

Ketua Pengadilan Tinggi Sumut

topmetto.news – Ketua Pengadilan Tinggi Sumut Dr Cicut Sutiarso SH melantik 100 anggota DPRD Sumut Periode 2019- 2024 di Ruang Paripurna DPRD Sumut, Senin (16/8/2019).

Pelantikan 100 anggota DPRD Sumut itu dihadiri Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Wakil Gubernur Musa Rajekshah, unsur Muspida Plus, partai politik, tokoh masyarakat, serta bupati/walikota se-Sumut, serta unsur pers. Acara berlangsung hidmat.

Namun sebelumnya, Sekretaris DPRD Sumut Erwin Lubis membacakan Surat Keputusan KPU terkait jumlah perolehan suara. Yakni suara terbanyak diperoleh PDIP sebanyak 19 kursi dan urutan ke dua Gerindra sebanyak 15 kursi. Artinya, untuk pimpinan sementara atau sebagai Ketua DPRD Sumut sementara Drs Baskami Ginting dan Wakil Ketua Sri Kumala.

Dalam pelantikan tersebut, Ketua DPRD Sumut sementara Drs Baskami Ginting mengatakan, untuk lima tahun ke depan diharapkan 100 anggota dewan bisa bekerja maksimal. Dia juga mengucapkan terima kasih kepada Rakyat Sumatera Utara telah mempercayakan amanah ini kepada mereka.

“Ke depannya, 100 anggota dewan ini akan bekerja sesuai aturan dan tata tertib yang berlaku di DPRD Sumut,” tukas Baskmi Ginting.

Sebagian undangan yang hadir dan insan pers, sedang mengikuti acara pelantikan 100 anggota DPRD Sumut | topmetro.news

Amanah Rakyat

Sedangkan Edy Rahmayadi dalam sambutannya mengungkapkan, pengucapan janji dewan ini merupakan amanah rakyat. Artinya pengucapan sumpah janji ini merupakan puncak dari pemilihan umum yang mendeklarasikan kedaulatan rakyat sesuai amanah UUD 1945.

“Berdasarkan amanat UUD 1945 terdapat dua hal yang harus dipahami. Yaitu secara formal dan legal harus memahami sistim pemerintahan. Sedangkan yang kedua adalah terkait partai politik, harus bisa memikirkan kepentingan rakyat ke depan,” katanya.

Masih menurut Edy, fungsi DPRDSU juga harus dipahami anggota dewan yang baru, terkait pelaksanaan kualitas kerja antara eksekutif dan legislatif. Harapan Edy, dewan juga bisa menjaga kesatuan dan persatuan bangsa. “Pengabdian ini jangan dijadikan sebagai kelompok tersendiri. Akan tetapi sebagai wakil rakyat harus mampu membawa kepentingan rakyat yang lebih baik,” katanya.

Sebelum akhir pidatonya, Edy mengucapkan terima kasih dan selamat bekerja kepada anggota DPRD Sumut Periode 2019–2024. Kepada pimpinan dewan sementara, Edy juga mengucapkan, semoga bisa bekerjasama membangun daerah. Demikian juga kepada dewan periode sebelumnya, Edu mengucapkan terima kasih.

reporter | Erris JN

Related posts

Leave a Comment