Drs Baskami Ginting: Alat Kelengkapan Dewan Harus Disusun

alat kelengkapan DPRD Sumut

topmetro.news – Ketua Sementara DPRD Sumut Drs Baskami Ginting mengatakan, mereka akan menyusul alat kelengkapan DPRD Sumut dalam waktu satu bulan ini. Hal itu disampaikannya kepada wartawan, usai pelantikan anggota DPRD Sumut Periode 2019-2024, di Gedung DPRD Sumut, Senin (16/9/2019).

“Kita akan menyusun alat kelengkapan dewan dalam waktu satu bulan ini. Kita akan susun juga struktur ketua definitif, wakil ketua, ketua fraksi dan komisi. Serta penyusunan Banggar dan Banmus,” ujar Baskami.

Dipaparkan Baskami, dengan terpilihnya dia sebagai Ketua DPRD Sumut sementara, maka untuk jadwal utama yang harus dikerjakannya adalah menyusun alat kelengkapan DPRD Sumut. Hal itu, kata dia, agar mekanisme kinerja wakil rakyat bisa berjalan.

Selain itu, lanjutnya dalam waktu satu bulan ini, pimpinan dewan defenitif harus sudah ada dan dilantik.

Semua kebutuhan itu harus segera dilengkapi, kata baskami Ginting, karena pada Bulan November nanti anggota DPRD Sumut ini sudah akan melakukan rapat kerja (raker). Antara lain membahas anggaran dan pokok pikiran dewan yang nantinya akan dituangkan dalam rangka kerja jangka pendek dan panjang.

“Jadi, kita harapkan mekanisme ini bisa berjalan dengan baik. Dan tentunya bisa menampung aspirasi rakyat ke depannya,” tukas Baskami.

Amanah Rakyat

Sebagaimana diketahui, sebelumnya, 100 anggota DPRD Sumut 2019-2024, resmi dilantik oleh Ketua Pengadilan Tinggi Sumut. Pelantikan it dihadiri Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Wakil Gubernur Musa Rajekshah, unsur Muspida Plus, partai politik, dan tokoh masyarakat. Juga bupati/walikota se-Sumut, serta unsur pers.

Sebelumnya, Sekretaris DPRD Sumut Erwin Lubis membacakan Surat Keputusan KPU terkait jumlah perolehan suara. Yakni suara terbanyak diperoleh PDIP sebanyak 19 kursi dan urutan ke dua Gerindra sebanyak 15 kursi. Artinya, untuk pimpinan sementara atau sebagai Ketua DPRD Sumut sementara Drs Baskami Ginting dan Wakil Ketua Sri Kumala.

Dalam pelantikan tersebut, Ketua DPRD Sumut sementara Drs Baskami Ginting mengatakan, untuk lima tahun ke depan diharapkan 100 anggota dewan bisa bekerja maksimal. Dia juga mengucapkan terima kasih kepada Rakyat Sumatera Utara telah mempercayakan amanah ini kepada mereka.

reporter | Erris JN

Related posts

Leave a Comment