Astronot Wanita AS Ciptakan Rekor Melayang Bebas di Antariksa

TOPMETRO.NEWS – Astronot perempuan Amerika Serikat (AS), Peggy Whitson, menciptakan sejarah ketika ia melayang bebas di luar stasiun antariksa internasional (ISS)baru – baru ini dilansir dari Suara.com.

Whitson, yang kini berusia 57 tahun, mencatatkan namanya sebagai perempuan dengan pengalaman spacewalk terbanyak di dunia, mengalahkan rekannya yang juga dari AS, Suni Williams. Whitson kini sudah delapan kali melayang bebas di luar angkasa, sementara Williams baru tujuh kali.

Spacewalk Whitson pada hari ini berlangsung sejak pukul 7.29 pagi. Perjalanan di ruang hampa udara di antariksa itu dimulai ketika Whitson dan rekannya, Shane Kimbrough menyalakan baterai pada baju antariksa mereka, sebelum keluar dari ISS, dan melayang di antariksa.

“Hati-hati dan selamat menikmati waktu kalian,” kata Thomas Pesquet, astronot asal Prancis yang bertugas di ISS, ketika palka stasiun terbuka dan Whitson dan Kimbrough melayang keluar.

Tujuan dari spacewalk Whitson dan Kimbrough sendiri adalah untuk memodifikasi ISS, agar bisa disinggahi oleh pesawat-pesawat antariksa swasta di masa depan.

Saat ini setidaknya ada dua perusahaan swasta, SpaceX dan Boeing, yang sedang membangun pesawat antariksa yang dirancang untuk bisa singgah di ISS. Rencananya pesawat antariksa dari perusahaan itu akan mulai menerbangkan manusia ke ISS pada tahun depan.(TMN)

Related posts

Leave a Comment