Giliran Panglima TNI Ziarah ke Makam Jenderal Soedirman

Makam jenderal Soedirman

Topmetro.News – Makam jenderal Soedirman, salah satu tujuan ziarah Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. dan Ketua Umum Dharma Pertiwi Ny. Nanny Hadi Tjahjanto dalam rangkaian menyambut HUT TNI ke-74 tahun 2019. Panglima TNI melaksanakan ziarah ke Makam Jenderal Soedirman beserta rombongan ke Taman Makam Pahlawan Nasional (TMPN) Kusumanegara, Semaki, Yogjakarta, Kamis (19/9/2019).

Makam jenderal Soedirman2
foto kiriman | Puspen TNI

Berperang Meski Sedang Sakit

Sekadar diketahui, Panglima Besar Jenderal Soedirman dilahirkan di Purbalingga 24 Januari 1916 dan wafat 29 Januari 1950 pada usia 34 tahun.

Jenderal Soedirman diketahui memimpin Perang Gerilya melawan Belanda sejak Desember 1948 hingga Juli 1949. Bahkan pada masa Agresi Militer II Belanda 19 Desember 1948, Panglima Besar Jenderal Soedirman tetap berperang walaupun kondisinya sedang sakit.

Semangat perjuangan Panglima Besar Jenderal Soedirman sudah sepatutnya menjadi motivasi bagi generasi muda untuk terus mengisi kemerdekaan dengan perjuangan untuk membangun Indonesia.

Makam jenderal Soedirman3
foto kiriman | Puspen TNI

Makam Jenderal Soedirman Diziarahi untuk Beri Penghormatan

Kegiatan ziarah diawali dengan penghormatan kepada arwah almarhum Panglima Besar Jenderal Soedirman yang dipimpin langsung oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan diikuti oleh seluruh peserta ziarah.

Makam jenderal Soedirman4
foto kiriman | Puspen TNI

Tabur Bunga dan Panjatkan Doa

Selanjutnya, Panglima TNI memanjatkan doa dan tabur bunga yang diikuti oleh Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa, Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M. dan Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E., M.M., serta segenap Pejabat TNI.

baca juga | UNTUNG ADA TNI, BERSAMA MASYARAKAT, NKRI UTUH TERJAGA

Turut serta mendampingi Panglima TNI diantaranya Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa, Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E., M.M., Irjen TNI Letjen TNI M. Herindra, M.A., M.Sc., Pangkostrad Letjen TNI Besar Harto Karyawan, Dansesko TNI Marsdya TNI Trisno Hendradi, Danjen Akademi TNI Laksdya TNI Aan Kurnia, S.Sos., para Asisten Panglima TNI, Kapuspen TNI Mayjen TNI Sisriadi serta Pejabat TNI lainnya.

Ikut pula dalam ziarah itu Ketua Umum Persit Kartika Chandra Kirana Ny. Hetty Andika Perkasa, Ketua Umum Jalasenastri Ny. Manik Siwi Sukma Adji dan Ketua Umum PIA Ardhya Garini Ny. Ayu Yuyu Sutisna.

berita terkait | PANGLIMA TNI ZIARAHI MAKAM SOEKARNO DI BLITAR

Sebagaimana dilaporkan Topmetro.News sebelumnya, Ziarahi makam Soekarno di Blitar, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. didampingi Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji S.E., M.M., dan Kasau Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E, M.M. Di Makam Ir Soekarno (Bung Karno) yang merupakan Presiden pertama RI di Blitar, Jawa Timur, Rabu (18/9/2019) itu di sana mereka melaksanakan ziarah.

Di makam Presiden RI pertama, Panglima TNI bersama Kepala Staf Angkatan dan rombongan melakukan tabur bunga serta memanjatkan doa untuk Proklamator Indonesia semoga arwahnya ditempatkan yang sebaik-baiknya.

Selanjutnya di hadapan awak media, Panglima TNI menjelaskan kegiatan ziarah merupakan tradisi TNI dalam rangka merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) TNI yang selalu diperingati setiap 5 Oktober.

“Usai ziarah ke makam Proklamator, kita akan ziarah ke makam K.H. Abdulrahman Wahid (Gus dur), dan besok tanggal 19 September 2019 akan ke makam H. Muhammad Soeharto serta ke makam Panglima Besar Jenderal Soedirman,” jelas Marsekal TNI Hadi Tjahjanto sebagaimana siaran persnya yang diterima Topmetro.News.

reporter | jeremitaran
kiriman | Puspen TNI

Related posts

Leave a Comment