Peringatan Haornas di Samosir Momentum ‘Gerakan Ayo Olahraga’

peringatan Haornas

topmetro.news – Pemkab Samosir menggelar upacara peringatan Haornas 2019 (Hari Olahraga Nasional) ke-36 Tahun 2019 di Tanah Lapang Pangururan, Jumat (20/9/2019). Wakil Bupati Samosir Juang Sinaga yang bertindak sebagai inspektur upacara membacakan sambutan dari Menpora (Menteri Pemuda dan Olahraga) Imam Nahrawi.

Disampaikan peringatan Haornas Tahun 2019 mengangkat tema ‘Ayo Olahraga, Dimana Saja, Kapan Saja’. Tema itu menurutnya mengandung arti, bahwa olahraga itu mudah. Karena dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Dan menjadi penting, agar masyarakat tidak terpaku bahwa olahraga hanya dapat dilakukan di fasilitas olahraga.

“Pembangunan di dalam olahraga tidak hanya jasmani, tetapi juga rohani. Dengan sehat rohani, berarti kita telah mendukung kebijakan Bapak Presiden tentang Revolusi Mental, serta SDM Unggul Indonesia maju,” katanya.

“Perhelatan Asian Games kita mendapat 98 medali dan pada Asian Paragames 2018, kita mendapat 135 medali. Dan pada Asean Shools Ganes 2019 di Semarang, Indonesia tidak sekedar sukses menjadi tuan rumah dan memenuhi target juara umum. Namun secara keseluruhan Indonesia mampu melampaui target dengan mengoleksi 43 emas, 34 perak dan 25 perunggu,” sambung Menpora, sebagaimana dibacakan wabup.

Olahraga Gaya Hidup

Kemudian, sambungnya, olahraga juga harus menjadi kebutuhan hidup dan gaya hidup. Sebab permasalahan terbesar saat ini adalah derajat kebugaran masyarakat Indonesia yang masih rendah. Maka dengan ‘Gerakan Ayo Olahraga’, diharapkan akan menjawab permasalahan tersebut.

“Dengan kesegaran jasmani dan kesehatan yang bagus, terutama adik adik pelajar kita, maka memudahkan lahirnya bibit bibit yang berpotensi menuju pentas nasional dan dunia di masa selanjutnya,” sebut Menpora.

“Selamat Hari Olahraga. Semoga ke depan, semua Warga Negara Indonesia dapat mencintai olahraga dan memposisikan olahraga sebagai pilihan dan gaya hidup sehat dan bugar. Dan melalui peringatan Haornas ini kita kuatkan lagi olahraga prestasi untuk menuju pentas yang lebih besar di Olimpiade dan Paralimpiade nanti,” pungkasnya.

Setelah melakukan upacara peringatan Haornas ke-36, jajaran ASN di lingkungan Pemkab Samosir, pelajar se-Pangururan, mengikuti senam kebugaran, dipandu instruktur senam.

Peringatan Haornas 2019 ini dirangkai dengan pemberian piagam penghargaan kepada 74 insan olah raga (64 atlet dan 10 pelatih) yang berprestasi dan berdedikasi dalam mengharumkan kemajuan olahraga Kabupaten Samosir. Kemudian ada juga kegiatan catur simultan.

reporter | Tetty Naibaho

Related posts

Leave a Comment