6 Mobil Mini Paling Murah dan Irit BBM di Medan Tahun 2017

TOPMETRO.NEWS – Dalam Mencari Mobil idaman, tentu tidak hanya mempertimbangkan model yang keren atau performa mesin yang memukau. Apalagi untuk anda yang tinggal di daerah perkotaan, pertimbangan terbesar untuk pembelian mobil adalah harga yang murah dan konsumsi BBM yang irit.

Buat kamu Orang Medan yang ingin membeli mobil mini atau city car, Berikut kami tampilkan rekomendasi 6 Mobil Mini Paling murah. Tidak hanya murah, tapi mobil-mobil ini juga sudah terkenal irit BBM, sehingga tidak membuat kantong bolong.

 

Daihatsu Ayla D MT – 19,5 km/Liter

daihatsu ayla d mt

 

Daihatsu Ayla merupakan salah satu mobil murah yang dicanangkan pemerintah Indonesia lewat program LCGS (Low Cost Green Car). Walaupun harganya murah, bukan berarti mobil ini memiliki kualitas murahan, karena Daihatsu sudah mendesainnya dengan sempurna dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat perkotaan.

Kemampuan mesin Daihatsu Ayla tidak bisa dianggap remeh, karena dapat dipacu cukup kencang saat di jalan raya. Menggunakan Mesin bertipe D26F 1KR-DE yang memiliki 3 silinder dengan 12 katup yang dioptimalkan oleh teknologi DOHC atau kem ganda. Semenetara untuk kapasitas mesinnya sendiri adalah sebesar 998 cc sehingga tergolong cukup bertenaga. Soal pemakaian bahan bakar, mobil ini memiliki rasio konsumsi BBM sekitar 19,5 km/Liter, sehingga tergolong sangat irit dan bisa diandalkan saat berpergian jarak jauh. Untuk Harga, Daihatsu Ayla type D MT dibandrol seharga Rp. 94.200.000,- di Medan.

 

Datsun Go Panca 1,2 T – 13,3 km/Liter

datsun go T standart

 

Sebagai mobil yang menyandang gelar LCGC, Datsun GO Panca ini masih tergolong murah. Dengan bodi yang kokoh, garis yang kuat dan juga lengkung roda yang memukau, Datsun GO menjadi standar baru dalam hal desain mobil.

Meskipun berukuran mini, Datsun GO dilengkapi dengan Mesin 1.2L yang bertenaga sekaligus terbesar di kelasnya.  Mobil mini dari Datsun ini juga menggunakan teknologi  ‘perfect circle bore machining’ yang diadaptasi dari mesin mobil balap yang menjadikannya lebih bertenaga. Sementara sistem counterbalance-nya meminimalkan kebisingan dan getaran untuk memberikan momen mengemudi yang tenang dan mulus.

Dalam hal konsumsi BBM, Datsun GO Panca mencapai 13.3 km/liter saat berkendara didalam kota dan 19.8 km/liter saat dipacu dijalan tol. Urusan Harga, Untuk wilayah Medan Datsun GO Panca 1.2 T Standart  dibandrol seharga Rp. 113.500.000,- yang menjadikannya sangat murah dan terjangkau.

 

New Agya 1.0 E – 26,2 km/Liter

new agya E MT

 

New Agya merupakan salah satu sosok mobil LCGC dengan konsep mobil mini yang memilki bodi kompak dan cukup handal di daerah perkotaan. City car keluaran toyota ini secara kasat mata memang terlihat sangat nyaman. Namun untuk type E ini, Toyota agya memiliki konsep desain bodi yang tergolong lebih rendah dari mobil lain dikelasnya.

Toyota new Agya mengandalkan mesin seri 1KR 12 yang merupakan mesin DOHC 3 silinder 12 katup. Memiliki kapasitas 998 cc yang cukup handal untuk penggunaan di daerah perkotaan. Selain mesin yang cukup tangguh, Toyota juga membekali Agya type E ini dengan fitur-fitur canggih seperti dual SRS airbags dan Audio DIN untuk mendukung keamanan dan kenyamanan saat berkendara.

Soal konsumsi bahan bakar tidak usah diragukan lagi, Toyota New Agya E ini sangat irit dengan rasio sebesar 26,2 km/Liter. Sedangkan urusan harga, untuk Toyota New Agya type E dibandrol seharga Rp. 123.150.000,- untuk wilayah Medan dan Sumatera Utara.

 

Honda Brio Satya S MT – 15,6 km/Liter

honda brio s mt

Secara tampilan, Honda Brio hadir dengan desain yang segar dan dianggap memiliki tampilan yang mewakili kaum muda perkotaan. Pasalnya, Honda membuat tampang Brio dengan fresh, sporty dan kompak serta fungsionalis.

Meski tersedia dalam varian LCGC, namun Honda tidak sembarangan soal spesifikasi Brio. Hal tersebut terlihat pada varian Brio Satya yang sudah menggunakan teknologi ‘heat rejecting green tinted glass’ yang mampu menjaga keteduhan di dalam mobil karena kaca yang mampu mengurangi tekanan sinar UV dari matahari.

Meski masuk kedalam mobil jenis LCGC, namun Honda menghadirkan mesin yang memiliki performa baik pada Brio. Mobil berbentuk mungil ini menggendong mesin 1.2 L SOHC silinder segaris, 16 katup i-VTEC + DBW. Honda sendiri menyatakan, mesin Brio tersebut hemat bahan bakar serta handal melewati berbagai medan jalan.

Untuk urusan konsumsi BBM, Honda Brio Satya tipe S memiliki rasio rata-rata sebesar 15,6 km/Liter. Sedangkan untuk wilayah Sumatera Utara dan Medan Mobil mini keluaran honda ini dibandrol seharga Rp. 149.200.000,-.

 

Suzuki Calerio MT – 21,1 km/Liter

suzuki calerio MT

Mobil mini atau City car terbaru keluaran Suzuki ini memiliki bentuk yang menjadi ciri khas dan andalan mobil-mobil buatan Suzuki.  Dengan bodi kecilnya, Suzuki Celerio mempunyai lekukan-lekukan tubuh yang dinamis. Sekilas mobil ini terlihat  mirip dengan Suzuki Ertiga, tetapi dengan tubuh yang lebih mungil. Uniknya lagi, Selain AC suzuki calerio juga dilengkapi dengan Heater (penghangat ruangan) di bagian dalamnya.

Suzuki Celerio memakai mesin K10B berkapasitas 998 cc. Mesin 3 silinder ini dapat menghasilkan tenaga 68 PS di 6000 rpm. Meski tidak terlalu bertenaga, tetapi mesin Suzuki Celerio ini cukup kuat untuk melintasi jalanan perkotaan.

Konsumsi BBM Suzuki Calerio juga sangat hemat dengan kisaran rata-rata 21,1 km/Liter. Sedangkan Harga yang ditawarkan Suzuki Medan untuk mobil mininya ini adalah Rp. 159.200.000,-.

 

Renault Kwid 1.0 RXT – 25,17 km/Liter

renault kwid medan

 

Mobil garapan Benua Eropa ini menjadi pesaing terkuat beberapa mobil pada segmen pasar LCGC (Low Cost Green Car). Jika anda ketahui Renault Kwid ini bukan termasuk mobil LCGC, namun dari harganya dapat digolongkan dengan mobil LCGC.

Renault Kwid hadir dengan gaya yang stylish dan agresif serta tampak seperti mobil Sport Utility Vehicle (SUV). Pada bagian depan, Renault Kwid terlihat lebih jantan dengan headlamp yang mengusung konsep C shape lighting yang menyatu dengan grill depan. Sedangkan logo Renault membuatnya terlihat gagah dan tangguh.

Mobil dengan kapasitas 5 penumpang ini memiliki desain kabin yang ergonomis dilengkapi dengan tujuh ruang penyimpanan multifungsi untuk meningkatkan kenyamanan pada saat berkendara. Untuk fitur hiburan, mobil berkapasitas 5 penumpang ini sudah dilengkapi dengan monitor layar sentuh, Bluetooth Audio Streaming, Handsfree Telephon, Port USB dan GPS navigasi.

Renault kwid dibekali mesin bensin 1.0 liter, 3 silinder dengan kapasitas 999 cc yang mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 68 Hp pada putaran 5.500 rpm dan maksimal torsi sebesar 91 Hp pada putaran 4.250 rpm. Selain itu, performa dan penggunaan bahan bakar Renault Kwid akan lebih efisien dengan teknologi mesin berupa Smart Control Efficiency (SCe).

Soal konsumsi BBM tidak usah diragukan lagi, Renault Kwid mampu melaju sejauh 25,17 KM hanya dengan 1 liter bahan bakar. Sedangkan untuk harga, Renauld Kwid Manual dibandrol sebesar Rp. 121.000.000,- untuk wilayah Medan dan Sumatera Utara.

 

Related posts

Leave a Comment