You are here
Bupati Batubara Terima Penghargaan dari Kakanwil DJPN Sumut Daerah 

Bupati Batubara Terima Penghargaan dari Kakanwil DJPN Sumut

topmetro.news – Bupati Batubara Ir H Zahir MAP menerima penghargaan dari Kakanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan Negara atas keberhasilan dalam menyusun dan menyajikan laporan keuangan tahun 2018 dengan capaian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Penghargaan diserahkan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi didampingi Kakanwil DJPN Provinsi Sumut Drs Tiara Sebayang MM dan Direktur Akutansi dan Pelaporan Keuangan Kementerian Keuangan RI Wiwin Instanti, Selasa (22/10/2019), di Aula Raja Inal Kantor Gubsu, Medan.

Kualitas Penggunaan Keuangan

Tiara Sebayang MM dalam sambutannya menjelaskan, bahwa penghargaan diberikan kepada pemprov dan pemkab/pemko dalam rangka meningkatkan kualitas penggunaan keuangan dengan sebaik baiknya.

Bukan besaran daya serap anggaran yang dibutuhkan. Tetapi seberapa besar daya serap anggaran yang dipergunakan, serta seberapa besar manfaat yang diterima masyarakat.

“Kita memiliki tantangan, di antaranya tantangan saat ini dari 33 kabupaten kota di Sumut. Baru 50 persen atau 17 kabupaten dan kota yang mampu menerima keberhasilan menyusun dan menyajikan laporan keuangan tahun 2018 dengan capaian Opini WTP. Dan tantangan lain, seberapa besar daya serap anggaran yang bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat,” urai Tiara.

Pada kesempatan itu, Tiara Sebayang menyampaikan terima kasih kepada Gubsu Edy Rahmayadi yang terus-menerus turun memotivasi daerah memacu laju pembangunan.

Prestasi dan Kerja Keras OPD

Sementara Bupati Batubara Ir H Zahir MAP menjelaskan, bahwa penghargaan itu adalah hasil kerja keras pimpinan OPD dan staf jajaran Pemkab Batubara. Dia berharap penghargaan itu jadi awal kerja dan kepemimpinan Zahir dan Oky dalam membina staf dan melayani masyarakat.

Tentunya menghadapi tantangan ke depan, pihaknya akan terus bekerja keras. Agar anggaran yang tersedia tidak sebatas dipergunakan begitu saja. Tapi berpedoman kepada suatu perencanaan yang matang. Agar penggunaan keuangan daerah dengan daya serap yang baik dan sesuai dengan kemanfaatannya bagi kesejahteraan masyarakat.

Zahir tidak lupa mengucapkan terima kasih kepada seluruh pimpinan OPD Pemkab Batubara. Juga kepada ketua dan anggota DPRD Batubara serta seluruh masyarakat. “Semoga ke depan semakin baik dan sejahtera masyarakat di Kabupaten Batubara,” katanya.

reporter | Bima Pasaribu

93 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment