DPRD Medan Desak PD Pasar Perbaiki Talang Air Pasar Sei Sikambing

Pasar Sei Sikambing

topmetro.news – Perusahaan Daerah (PD) Pasar Kota Medan diminta untuk segera memperbaiki talang air bangunan yang bocor di Pasar Sei Sikambing Medan, sehingga membuat pasar tradisional selalu mengalami kebanjiran di saat turun hujan.

Padahal pasar tersebut adalah peraih sertifikat Standar Nasional Indonesia (SNI)‎ 8152:2015 dari PT Global Inspeksi Sertifikasi (GSI).

Pengamatan wartawan di pasar tradisional milik Pemko Medan yang juga direvitalisasi pada akhir tahun 2016 itu, talang air yang bocor ada di beberapa titik. Yakni di Blok A posisi pedagang jual emas dan pakaian. Serta ke posisi pedagang jualan buah dan sayur. Sehingga membuat banjir meski oleh pihak pedagang sudah menampung air hujan dengan ember.

Anggota DPRD Medan dari Fraksi Gerindra, Dame Duma Sari Hutagalung, mengatakan, pihak direksi harus segera memperbaiki talang air bocor. Karena itu meresahkan pedagang yang sudah banyak membayar iuran dari uang kebersihan, keamanan, dan cukai.

“Direksi PD Pasar harus segera turun ke lapangan. Agar talang air segera diperbaiki. Karena memperbaiki talang itu tidak sampai menghabiskan banyak uang. Kan sayang aja sudah dapat predikat SNI tapi infrastruktur bangunannya ternyata tidak bagus,” katanya, Kamis (7/11/2019).

Keluhan Pedagang

Salah seorang pedagang, R Hasibuan mengatakan, talang bangunan yang bocor itu sudah terjadi hampir tiga bulanan. Dan pernah disampaikan kepada pengelola Pasar Sei Sikambing Medan. Tapi tidak pernah digubris dari bocornya kecil sampai sekarang melebar dan jalanan jadi banjir.

“Pengelola Pasar Sei Sikambing ini tidak peduli. Talang yang bocor dibiarkan sampai kadang membuat barang dagangan ikut basah,” katanya.

Senada dikatakan pembeli yang merasa kecewa dengan PD Pasar karena jalanan banjir membuat tidak nyaman. Dan harus berjalan dengan pelan karena takut terpeleset.

“Pajak ini kan baru dibagusi. Tapi sudah banjir aja. Nampak sekali pembangunannya asal-asalan. Kalau mengusir pedagang di pinggiran cepat kali mereka. Tapi memperbaiki yang rusak sangat lambat,” katanya.

Saat dikonfirmasi, Dirut PD Pasar Kota Medan Rudi Sinuraya mengatakan, pihaknya berjanji akan segera memperbaiki talang air yang bocor tersebut. “Sudah kami hitung kok berapa anggarannya. Dalam minggu ini segera kami perbaiki. Karena kami hanya dapat laporan kalau yang bocor bangunan lama saja. Bukan pada bangunan baru yang di depan,” tuturnya.

reporter | Jeremi Taran

Related posts

Leave a Comment