You are here
Disdik Batubara Tempat PKL Mahasiswa Program Pasca Sarjana Unimed Daerah Komunitas 

Disdik Batubara Tempat PKL Mahasiswa Program Pasca Sarjana Unimed

topmetro.news – Disdik Batubara sengaja dipilih penyelanggara Program Pendidikan Pasca Sarjana Unimed (Universitas Negeri Medan) sebagai tempat Praktek Kerja Lapangan (PKL) para mahasiswanya.

Dalam acara, Kamis (7/11/2019), di Aula SMPN 5 Sei Suka, Batubara, dosen pembimbing Program Managemen Pendidikan Pasca Sarjana Unimed Dr Sukarman Purba MPd mengatakan, pihaknya sengaja memilih objek praktek kerja lapangan di Kabupaten Batubara. Selain Plt Kadisdik-nya mau memberi kemudahan dalam pemenuhan data-data yang dibutuhkan, juga diharapkan sumbangan pemikiran yang bisa dikembangkan dan bermanfaat bagi Pemkab Batubara. Di antaranya dalam upaya peningkatan mutu pendidikan itu sendiri.

“Saya berkeyakinan jika Bapak Ibu bersama di bawah payung yang bernama MKKS ini, SMP di Batubara dalam 4 tahun ke depan akan menjadi perhatian Sumatera Utara. Plt Kadisdik Ilyas Sitorus sendiri, sudah menyampaikan dan menawarkan ke pihak Unimed. Agar Batubara dijadikan pilot projeck pengembangan pendidikan. Dan sekaligus tempat PKL-nya para mahasiswa Unimed,” bilang Sukarman.

Sementara di tempat yang sama, Kadisdik Batubara Ilyas Sitorus kembali menegaskan bahwa PKL dimaksudkan memang dalam rangka guna melihat langsung di lapangan antara teori dengan implementasinya. Kemudian kedatangan mahasiswa ke Disdik Batubara kali ini adalah untuk melihat dari dekat kondisi sekolah.

“Kedatangan para mahasiswa berkaitan dengan praktek kerja lapangan ini untuk melihat langsung kondisi lingkungan dinas pendidikan dan sekolah. Terkait dengan perencanaan, pemenuhan kebutuhan tenaga pendidik, tenaga kependidikan dan sarana prasarana. Serta upaya peningkatan mutu pendidikan di bawah binaan Dinas Pendidikan Kabupaten Batubara,” pungkasnya.

Peran MKKS

Menyikapi harapan Plt Kadisdik Ilyas dan masukan dari dosen pasca Unimed, Sukarman, Bahtiar selaku Ketua MKKS SMP N/S se-Kabupaten Batubara yang juga Kepala SMPN 2 Talawi mengatakan, bahwa MKKS akan terus berperan dalam mengembangkan jaringan. Berbagai upaya akan ditempuh. Dengan tujuan agar kepala sekolah dan guru yang mempunyai variasi kegiatan akan bermuara pada peningkatan profesionalitas guru.

“Kerjasama dengan pihak swasta (sponsor) dan lembaga-lembaga independen terus kami lakukan. Termasuk juga perusahaan yang ada di sekitar sekolah. Adalah dalam rangka mengemban misi memberdayakan para guru. Hal ini bisa dilakukan karena MKKS mempunyai kewenangan dalam menentukan program-program terbaik bagi para guru,” sebutnya.

“MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah) dibentuk oleh para kepala sekolah ditingkat SMP negeri dan swasta. MKKS mempunyai struktur kepengurusan di tingkat kabupaten atau bisa disebut sebagai MKKS Rayon. Di tingkatan bawahnya ada juga MKKS subrayon,” ucap Bahtiar.

Berdasarkan pantauan media ini, acara MKKS kali ini memang lain dari pada yang biasanya. Dimana rapat MKKS kali ini selain di hadiri Plt Kadisdik, juga di hadiri Dr Sukarman Purba (dosen pasca sarjana Unimed) dan mahasiswa Program Manajemen Pendidikan Pasca Sarjana Unimed. Juga hadir Staf Pembinaan Sekolah Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Franky dan Erni Malik.

reporter | Bima Pasaribu SH

94 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment