HUT ke-18 SBMI, Ketum: Tingkatkan Kekompakan Hadapi Masalah Buruh

Serikat Buruh Merdeka Indonesia
Advertisement

topmetro.news – Dalam rangka merayakan HUT ke-18, Serikat Buruh Merdeka Indonesia (SBMI) menggelar doa dan syukuran dengan pemotongan tumpeng yang digelar di Hotel Citi Holiday Berastagi, Kabupaten Karo, Minggu (10/11/2019).

HUT SBMI bertemakan ‘Bangun Kekuatan Tingkatan Kecerdasan Raih Kesejahteraan’, dihadiri Ketua Umum SBMI Rintang Berutu SH, Ketua Dewan Pertimbangan Organisasi (DPO) Gindo Nadapdap SH MH juga merupakan Ketua Biro Bantuan Hukum (BBH) SBMI, Sekretaris Umum SBMI Aris Rinaldi Nasution, Ketua Advokasi SBMI Ephipanias Purba SH.

SBMI Kabupaten dan Kota

Rintang Berutu SH berharap, semoga organisasi buruh tersebut semakin solid dan bisa mengembangkan ‘sayapnya’ di setiap kabupaten/kota. Orang pertama di SBMI itu juga berharap agar kebersamaan dan komunikasi dari para Pengurus Basis (PB) maupun Pengurus Cabang (PC) ditingkatkan. Sehingga permasalahan buruh bisa diselesaikan bersama.

Sementara Ketua DPO SBMI Gindo Nadapdap SH MH juga berharap, ke depannya SBMI bisa tetap kompak dan tetap menjaga silaturahmi. “Untuk SBMI kita tetap berjuang dalam menghadapi persoalan buruh, mengawasi perkembangan yang ada di dalam dan maupun di luar perusahaan. Dan tetap bisa menjadi pelopor buruh/pekerja. Karena SBMI juga menangani kasus beberapa serikat di Sumut,” ujarnya Gindo Nadapdap.

“Setiap ada persoalan buruh, tentunya melalui proses mediasi. Namun ketika mengalami jalan buntu, maka proses jalur hukum ditempuh agar para pengusaha tidak semena-mena terhadap buruh,” pungkasnya.

Hal senada disampaikan Ketua Advokasi SBMI Ephipanias Purba. Buruh harus tetap solid dalam kebersamaannya. Sebab ketika ada perselisihan antara buruh dengan pengusaha, para serikat buruh lainnya tergabung dalam SBMI melalui badan advokasi dapat menyelesaikan persoalan-persoalan yang terjadi.

Ketua Panitia HUT Komitan Simamora dalam sambutannya berharap supaya acara seperti ini bisa menjadi agenda tahunan. Sekaligus bisa menjadi acara silaturahmi dan menjalin keakraban antar anggota maupun pengurus.

Bela Hak Normatif Buruh

Ketua BPC Kota Medan Syaiful Amri juga mengapresiasi terselenggaranya acara HUT tersebut. Dia berharap Serikat Buruh Merdeka Indonesia akan terus berjuang membela hak-hak normatif buruh. Khususnya tergabung di SBMI.

Turut hadir Sekretaris Umum SBMI Aris Rinaldi, Sekretaris BPC Kota Medan Komitan Simamora Ketua BPC Deli Serdang Stevano Zega, dan Ketua BPC Langkat Fadli Amri. Juga ratusan anggota PB dari setiap perwakilan perusahaan.

reporter | Robert Siregar

Advertisement
Advertisement

Related posts

Leave a Comment