Pasca-insiden Bangkai Babi, Sudari: Pemko Medan Harus Beri Penjelasan ke Masyarakat

Anggota FPAN DPRD Medan

topmetro.news – Anggota FPAN DPRD Medan, Sudari ST menegaskan, pemko harus segera memberikan klarifikasi kepada masyarakat luas pasca-insiden dibuangnya ribuan bangkai babi diduga terinfeksi Virus Hog Cholera (kolera babi) di beberapa titik di kota ini.

Penegasan itu disampaikan Sudari, Senin (18/11/2019), menyusul meluasnya dampak yang ditimbulkan. Di satu sisi warga nelayan di Belawan khususnya dan pedagang ikan basah merugi.

“Di sisi lain, warga masyarakat keburu phobia (ketakutan berlebihan) mengkonsumsi ikan basah, menyusul insiden kasus ribuan bangkai babi dibuang di sembarang tempat,” tegasnya.

Idealnya, instansi terkait lintas sektoral menggandeng kalangan ahli maupun akademisi menuntaskan mata rantai penyebaran Virus Hog Cholera tersebut. Sehingga memberikan rasa aman bagi warga, khususnya Kota Medan.

Di bagian lain, Bendahara FPAN DPRD Medan itu juga sangat menyayangkan komitmen instansi terkait. Karena Pemko Medan sebelumnya telah memiliki Peraturan Daerah (Perda) No. 13 Tahun 2010 tentang Larangan Hewan Ternak Kaki Empat.

“Bukan hanya ternak babi. Bila memang perda tersebut konsisten dijalankan, insiden yang sempat menghebohkan warga di ibukota Sumut ini mungkin tidak akan terjadi,” timpalnya.

Bekuk Pembuang Bangkai

Legislator berlatar belakang praktisi industri tersebut juga mengapresiasi jajaran kepolisian yang membekuk salah seorang oknum penarik beca bermotor (betor) yang kedapatan membuang bangkai babi di parit di Dusun II, Desa Helvetia, Sunggal, Deli Serdang.

“Sekali lagi insiden ini merupakan hal serius. Dengan dibekuknya oknum penarik betor katanya hanya mendapatkan upah tersebut, seyogianya menjadi pintu masuk bagi kepolisian. Siapa menyuruh dan siapa oknum peternak b2 (babi-red) yang nakal tersebut segera diproses hukum. Sebab setiap warga negara sama di mata hukum,” anggota FPAN DPRD Medan ini.

Sementara dilansir sebelumnya, kasus dibuangnya bangkai babi bukan cuma di sungai. Bangkai babi kini dibuang di jalanan Kota Medan, Sumut. Ada tiga bangkai babi dalam karung goni yang ditemukan di kawasan Jalan Gedung Arca, Medan.

reporter | Robert Siregar

Related posts

Leave a Comment