Kontingen Sumut Utamakan Sportifitas di Pospenas VIII/2019 Bandung

kontingen sumut pospenas
Advertisement

Topmetro.News – Kontingen Sumut (Sumatera Utara), menjunjung tinggi dan mengedepankan nilai-nilai sportifitas, dalam mengikuti Pospenas (Pekan Olahraga dan Seni antar Pondok Pesantren tingkat Nasional) VIII, tahun 2019 di Bandung Jawa Barat.

“Sportifitas itu yang paling penting di even ini. Meski prestasi tetap yang utama,” kata Sekretaris Panitia Kerja Tetap Pengembangan Daerah (Panjatapda) Mazrinal Nasution, sesaat tiba di Bandara Soekarno Hatta, bersama para kontingen Pospenas Sumut.

Sebagaimana disebutkan, kata Mazrinal ada beberapa tujuan digelarnya perhelatan Pospenas, yakni untuk membina dan mendidik sumberdaya manusia, yang beriman dan bertaqwa serta, sehat jasmani dan rohani, berkualitas, unggul, sportif dan berdaya saing.

Selain itu, meningkatkan budaya berolahraga dan seni yang bernuansa Islami. Namun, yang terpenting adalah meningkatkan ukhuwah islamiah, di kalangan santri serta menjalin silaturahmi antar pondok pesantren. “Nilai silaturrahmi ini yang paling penting” ujarnya.

Kontingen Sumut Berkekuatan 114 Atlet

Kontingen Sumut berkekuatan 114 orang terdiri dari, atlet, pelatih dan official dengan jumlah dua kloter. Kloter pertama berangkat dengan maskapai penerbangan Garuda Air Lines pukul 7.30 WIB, sedangkan kloter kedua pukul 8.45. Untuk kemudian, dari Bandara Internasional Soekarno Hatta Tangerang Banten, kontingen menuju Bandung dengan perjalanan bus.

Kontingen Sumut mengikuti lima cabang olahraga yakni, senam santri putera dan puteri, futsal putra, atletik putera dan puteri, bola voli putera dan putri, pencak silat putera dan puteri. Selain olahraga Kontingen Sumut, mengikuti 14 perlombaan kategori seni di event, yang digelar 25 hingga 30 November 2019 ini.

Pembukaan Pospenas dimulai pukul. 19.00 Senin, 25 November 2019 di Stadion Atletik, Arcamanik. Untuk acara penutupan akan digelar di Arcamanik Youth Center, Sabtu, 30 November 2019.

Sementara itu, di cabang pencak silat, Sumut punya harapan besar mampu mendulang medali emas, mengingat provinsi ini pernah meraih juara umum pada Pospenas di Sumut dan gorontalo.
“Di Pospenas Bandung 2019 ini, pencak silat Sumut diharap bisa meraih minimal dua emas” kata pelatih pencak silat Rajukin. Pada cabang tersebut Sumut berkekuatan 16 atlet, yakni 9 putera dan 7 puteri serta tiga pelatih. (TMN-YOFE)

Advertisement

Related posts

Leave a Comment