You are here
Anton Sihombing ‘Incar’ Kursi Walikota Siantar dan Bupati Simalungun Daerah Info Metro Tokoh 

Anton Sihombing ‘Incar’ Kursi Walikota Siantar dan Bupati Simalungun

Advertisement

TOPMETRO.NEWS – Anton Sihombing, mantan anggota DPR RI sekaligus politisi senior Partai Golkar kini mengincar kursi Siantar-1 (walikota Siantar) dan Simalungun-1 (Bupati Simalungun). Ini dibuktikan pendaftarannya sebagai Bakal Calon (Balon) Wali Kota Siantar dan Bupati Simalungun. Pria ini mendaftar ke DPD Partai Golkar Siantar dan DPD Golkar Simalungun di hari penutupan penjaringan Balon Bupati dan Wali Kota, Senin (25/11/2019).

Anton Sihombing di Luar Negeri

Pengembalian formulir pendaftaran dikuasakan kepada Alfredo Berutu bersama tim untuk mengambil dan menyerahkan formulir pendaftaran lantaran secara kebetulan Anton Sihombing sedang berada di luar negeri.

“Begitu ambil formulir, kita lengkapi. Kemudian di hari yang sama kita langsung mendaftar ke DPD Partai Golkar Siantar dan DPD Partai Golkar Simalungun,” ucapnya Alfredo, Rabu (27/11/2019) seperti disiarkan lintangnews.

Alfredo mengakui, Anton menjadi Balon yang terakhir mengembalikan formulir, baik di Partai Golkar Siantar maupun Partai Golkar Simalungun.

simak artikel Anda | UNTUNG ADA TNI, BERSAMA MASYARAKAT, NKRI UTUH TERJAGA

“Jadi di Siantar, Pak Anton itu urutan terakhir pengembalian formulir di Partai Golkar. Begitu juga di Simalungun, Pak Anton urutan terakhir pengembalian formulir Partai Golkar,” ujarnya.

Alfredo Berutu selaku tim Anhon Sihombing saat mendaftar di Partai Golkar Siantar. foto | lintangnews

Didukung Sejumlah Elemen

Sejauh mana keseriusannya maju sebagai Balon Bupati sekaligus Wali Kota? Ditanya begitu, Alfredo mengungkapkan, Anton ternyata mendapat dukungan dari tokoh-tokoh, elemen masyarakat dan keluarga.

“Jujur, beberapa waktu sebelum akhir pendaftaran memang niat Pak Anton belum ada. Tapi berkat dorongan tokoh-tokoh masyarakat, tokoh agama, mungkin karena itulah banyak berkomunikasi ke beliau, sehingga menimbulkan dorongan dirinya untuk memperbaiki tata kelola pemerintahan yang ada saat ini,” terangnya.

Ditambahkannya, di masa Anton menjabat sebagai anggota DPR RI selama 3 periode, banyak masyarakat yang terbantu.

“Apalagi kita tahu Pak Anton sebagai mantan anggota DPR 3 periode banyak membantu masyarakat di Siantar Simalungun. Jadi itu menjadi dorongan tersendiri bagi dirinya,” jelasnya.

Jadi Kabar Baik

Munculnya nama Anton di akhir masa pendaftaran Balon Bupati dan Wali Kota di Partai Golkar dinilai sebagai politik ‘last minute’.

Selain mengejutkan, ini juga memunculkan dinamika perpolitikan yang baru di Siantar-Simalungun.

“Saya sebagai sahabat Pak Anton juga terkejut mendengar perkembangan di detik-detik terakhir ini. Kalau sering kita dengar ini seperti politik ‘last minute’, kadang politik seperti ini bisa mengubah peta situasi,” ujar Kristian Silitonga, pengamat politik di Siantar.

Menurutnya, Anton sebagai politisi senior yang siap ikut berkontestasi di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) merupakan kabar baik bagi demokrasi lokal Siantar-Simalungun.

“Karena kehadiran beliau dapat menambah dinamika perpolitikan lokal di kedua daerah ini. Kemudian rekam jejak beliau sudah teruji selama ini. Konsentrasi beliau pada program pembangunan yang dia coba hadirkan kedaerah ini,” jelasnya.

Ditambahkan Direktur Studi Otonomi dan Pembangunan Demokrasi (SoPo) ini, Anton serius untuk maju dan memilih salah satu diantara dua balon Bupati atau Wali Kota.

Tak Butuh Waktu Lama

Karena di satu sisi, Kristian memandang, politisi nasional itu sedang melakukan kalkulasi politik.

Untuk itu, sambung dia, Anton tidak perlu membutuhkan waktu yang lama untuk memutuskan.

“Mungkin beliau ini sedang mencoba mengkalkulasi politik. Karena bagaimanapun kedua daerah ini (Siantar-Simalungun) menjadi Daerah Pemilihan (Dapil) nya di pertarungan Calon Legislatif (Caleg) DPR kemarin dan sama-sama punya basis massa yang cukup signifikan,” katanya.

Politisi Turun Gunung

Sekadar diketahui, kehadiran Anton sebagai Balon Bupati dan Wali Kota itu juga mendapat respons masyarakat.

Rustam Sianipar misalnya, menyebutkan sosok politisi senior Partai Golkar itu siap turun gunung ikut berkompetisi pada Pilkada 2020.

“Sebaiknya langsung secepatnya diputuskan. Karena itu penting untuk membaca respons warga untuk langkah-langkah beliau kedepan. Saya sebagai warga juga merasa ini kabar baik, Anton memutuskan untuk maju.”

baca juga | BALON WALIKOTA SIANTAR, ASNER SILALAHI DAFTAR KE GOLKAR

Seperti diwartakan Topmetro.News sebelumnya, Asner Silalahi, salah seorang Balon Walikota Siantar di hari pertama penjaringan Bakal Calon (Balon) Wali Kota Siantar yang dilaksanakan DPD Partai Golkar Siantar, Senin (11/11/2019), secara resmi mendaftar di partai berlambang pohon beringin itu. Asner Silalahi datang bersama sejumlah timnya ke kantor Partai Golkar Siantar di Jalan SM Raja Kelurahan Sigulang-gulang, Kecamatan Siantar Utara sekira pukul 14.00 WIB.

sumber | lintangnews

909 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment