You are here
Beberapa Wilayah di Aceh Singkil Terendam Banjir Kiriman Daerah 

Beberapa Wilayah di Aceh Singkil Terendam Banjir Kiriman

topmetro.news – Sedikitnya sudah ada ratusan rumah digenangi air banjir di Desa Ujung Bawang dan Pea Bumbung Kecamatan Singkil Kabupaten Aceh Singkil, Kamis (5/12/2019).

Banjir ini adalah kiriman dari Sungai Lae Soraya dan Lae Cinendang. Sebagaimana diketahui, kedua sungai ini pembuangannya adalah ke Muara Singkil.

Menurut keterangan salah seorang warga Ujung Bawang bernama Kasman, bahwa banjir tersebut sudah menjadi langganan tahunan. Dan setiap tahun, banjir itu dikirim dari dua sungai besar tersebut.

“Beginilah kondisi kami kalau sudah memasuki penghujung tahun. Sedikitnya ada lima sampai sembilan kali kami harus merasakan kebanjiran,” ucap Kasman.

Disampaikannya juga, bahwa saat ini nyaris semua rumah warga sudah terendam, ketinggian rata-rata mencapai satu meter.

“Kami sangat berharap bencana banjir ini menjadi perhatian pemeritah dan memprioritaskan dalam penanganannya,” kata Kasman.

Dia mengeluhkan, dengan kondisi selalu banjir seperti ini, mereka pun mengalami kerugian yang sangat banyak. “Dengan kondisi banjir seperti ini, kami mengalami kerugian sangat banyak. Terutama peralatan rumah dan hewan ternak,” sebutnya.

“Kami mohon kepada Bapak Bupati Aceh Singkil agar kiranya dapat memberi bantuan rehab kepada warga disini, agar dapat menaikkan rumah masing-masing warga,” imbuhnya.

Musim Banjir

Sebelumnya, banjir juga kembali melanda Desa Buluh Sema Kecamatan Suro Kabupaten Aceh Singkil, Rabu (4/12/2019), sekitar jam 20.00 WIB. Akibatnya jalanan macet berkilo-kilo meter.

Ketinggian air di median jalan mencapai satu meter. Hal itu mengakibatkan para pengendara tak bisa melintasi jalan tersebut.

BACA JUGA | Banjir Kembali Tenggelamkan Desa di Aceh Singkil

Menurut keterangan salah seorang warga di Bulu Sema Khairul, bahwa banjir tersebut datang secara tiba-tiba. Sedikitnya ada 25 rumah warga tergenang air.

“Banjir ini sudah yang ke sekian kalinya. Dan malam ini tanpa diketahui oleh warga, ternyata air banjir sudah menggenangi rumah penduduk,” kata Khairul.

reporter | Rusid Hidayat Berutu

458 kali dibaca

Berita Lainnya

Leave a Comment