Timnas Indonesia Lolos ke Semifinal SEA Games 2019, Usai Melibas Laos 4-0

timnas indonesia ke semifinal sea games 2019

Topmetro.News – Timnas Indonesia U-22 memastikan diri lolos ke semifinal SEA Games 2019, usai melibas Laos 4-0 di laga pamungkas Grup B berlangsung, pada Kamis (05/12/2019) sore di Stadion Imus Grandstand. Empat gol Timnas Indonesia diciptakan masing-masing oleh, Saddil Ramdani, Bagas Adi dan brace Osvaldo Haay. Hasil itu, sudah cukup untuk mengantarkan Timnas Indonesia U-22 lolos dari Grup B kompetisi tersebut.

Timnas Indonesia U-22 pun menemani Vietnam untuk lolos dari Grup B. Nantinya, Timnas Indonesia U-22 akan langsung berhadapan dengan Myanmar di semifinal SEA Games 2019 pada Sabtu 7 Desember 2019.

Saddil membuka keunggulan Timnas Indonesia U-22 melalui tendangan bebas yang dilesatkan tak jauh dari kotak penalti Laos. Berkat gol Saddil tersebut Timnas Indonesia U-22 pun langsung unggul cepat 1-0 atas Laos.

Akan tetapi, keunggulan tersebut tak serta-merta membuat tim asuhan Indra Sjafri itu langsung aman. Sebab Laos nyatanya mampu memberikan tekanan ke pertahanan Timnas Indonesia U-22 usai gawang mereka dibobol Saddil.

Bahkan, beberapa kali penyerangan Laos sempat membahayakan pertahanan Timnas Indonesia U-22. Beruntung Andy Setyo dan Nurhidayat Haji Harris mampu meredam serangan demi serangan yang dilancarkan para pemain Laos.

Ketika mendapatkan serangan yang bertubi-tubi dari Laos itu, Timnas Indonesia U-22 juga sesekali mencoba mencuri kesempatan dengan melakukan serangan balik. Namun, kesempatan-kesempatan tersebut gagal dikonversikan menjadi gol. Tak lama, laga babak pertama pun berakhir. Timnas Indonesia U-22 untuk sementara unggul 1-0 atas Laos.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, Timnas Indonesia U-22 mencoba langsung menekan lini pertahanan Laos kembali. Sebab hanya unggul 1-0 atas lawannya tersebut belum cukup memberikan rasa aman untuk posisi Garuda Muda –julukan Timnas Indonesia U-22– di klasemen Grup B.

Karena itu, sejak peluit babak kedua dibunyikan Saddil dan kawan-kawan langsung berupaya mencetak gol keduanya. Upaya mereka pun langsung terbalaskan di menit ke-47. Kali ini, giliran Osvaldo Haay yang mencatatkan namanya di papan skor dan membawa Timnas Indonesia U-22 unggul 2-0 atas Laos.

Gol Timnas Indonesia U-22 pun kembali bertambah di menit 73. Semua itu bermula dari diberikannya Timnas Indonesia U-22 tendangan penalti oleh wasit, karena pemain Laos telah melakukan pelanggaran di kotak terlarang.

Awalnya tendangan penalti sempat ditepis oleh kiper Laos, yakni Solasak Thilavong. Akan tetapi, wasit ternyata menyatakan tendangan penalti itu untuk diulang. Sayangnya, di kesempatan kedua itu tendangan penalti Timnas Indonesia U-22 masih mampu ditepis oleh kiper Laos.

Beruntung, Bagas Adi mampu memasukkan bola muntahan tersebut. Alhasil, pada menit ke-73 itu skor pun berubah menjadi 3-0 untuk keunggulan Timnas Indonesia U-22 atas Laos. Namun, skor untuk Timnas Indonesia U-22 masih bertambah di menit ke-90+5 melalui aksi Osvaldo.

Tak lama kemudian, wasit meniupkan peluit panjang pertanda laga telah berakhir. Timnas Indonesia U-22 yang menang 4-0 atas Laos pun berhak melaju ke semifinal SEA Games 2019 dengan berstatus sebagai runner-up Grup B.(TMN-YOFE)

Related posts

Leave a Comment