Ini..Lho.. Cara Tepat Merawat Pakaian Dalam…

TOPMETRO.NEWS – Kebersihan pakaian dalam memegang peran penting akan kenyamanan Anda sehari-hari.Pakaian dalam yang tak dicuci atau diperlakukan dengan baik biasanya akan menimbulkan beberapa masalah. Mulai dari rasa gatal dan tak nyaman hingga masalah kulit yang bisa ditimbulkan karena kurangnya kebersihan.

Padahal, merawat pakaian dalam tak seberapa sulit. Marie Claire sempat mengulasnya beberapa waktu lalu. Untuk pakaian dalam perempuan, ada beberapa butir yang perlu diperhatikan khususnya ketika mencuci dan menyimpannya dilansir dari Beritagar.id.

Contohnya seperti, selalu usahakan agar mencuci pakaian dalam dengan tangan. Pisahkan juga celana berwarna gelap dan terang untuk menghindari warnanya luntur. Lalu cuci pakaian dalam dengan air hangat dan bilas dengan air dingin agar kuman yang terdapat pada pakaian mati.

Hindari juga penggunaan pelembut dan pemutih pakaian, sebabnya formula kedua cairan ini terlalu keras untuk dituang ke pakaian dalam yang berbahan lembut.

Hal ini dilakukan agar pakaian dalam tak cepat rusak. Benang pada pakaian dalam yang lebih lembut tak mudah koyak dan menimbulkan rasa gatal ketika dipakai.

Jika ingin mencucinya dengan mesin, masukkan pakaian dalam ke dalam kantung khusus terlebih dahulu. Tas khusus ini akan mencegah pakaian dalam seperti beha dan celana dalam dari perubahan bentuk.

Sedangkan untuk celana dalam lelaki, menurut Men’s Health sebaiknya balik pakaian dalam sebelum dicuci untuk menjaga warnanya. Lalu cuci dalam jumlah sedikit demi sedikit agar bersih dengan sempurna. Jika pakaian dalam terkena noda, oleskan sedikit sabun cuci pada bagian yang bernoda lalu masukkan ke mesin cuci.

Pakaian dalam yang telah dicuci sebaiknya dijemur hingga kering di bawah sinar matahari. Selain membuatnya kering, matahari juga membantu melenyapkan kuman yang tertinggal.

Jika tempat tinggal Anda tak memungkinkan untuk menjemur di bawah sinar matahari langsung, angin-anginkan pakaian dalam di kamar mandi, lalu setrika ketika mengering.

Jika menjemurnya di matahari, Anda bisa menyetrikanya dengan rapi atau langsung melipat dan menaruhnya di rak pakaian.

Lipat dan simpan pakaian dalam di tempat yang benar-benar kering dan bersih. Pakaian dalam yang lembap bisa menyebabkan timbulnya jamur serta bakteri.

Lalu menurut saran WhoWhatWear, gantilah pakaian dalam setiap 18 bulan sekali. Karena biasanya pada masa itulah pakaian dalam mulai menipis dan rentan rusak.(TMN)

Related posts

Leave a Comment