Bali Digoyang Gempa 4.7 SR

TOPMETRO.NEWS – Wilayah  Bali kembali diguncang gempa bumi tektonik pada Sabtu (8/4) sekitar pukul 02.25 Wita. Dari analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengungkapkan bahwa gempa bumi tersebut berkekuatan M=4.7 SR.

Di mana gempa tersebut terletak pada 9,40 LS dan 115,49 BT, tepatnya di Samudra Hindia pada jarak 59 km barat daya Klungkung dengan kedalaman 72 km.

Kepala Balai Besar MKG Wilayah III Denpasar, Taufik Gunawan menuturkan, hasil analisis peta tingkat guncangan (shakemap) menunjukkan bahwa dampak gempa bumi berupa guncangan lemah dirasakan di Kuta dan Nusa Dua I SIG-BMKG (I-II MMI).

“Hal ini sesuai dengan laporan masyarakat yang diterima BMKG bahwa gempa bumi ini dirasakan lemah oleh beberapa orang,” katanya, seperti dikutip dari sindonews.

Gempa ini merupakan jenis gempa bumi berkedalaman menengah antara (60-300 km) yang disebabkan oleh aktivitas subduksi Lempeng Indonesia-Australia yang menunjam ke bawah Lempeng Eurasia, pada lajur lempeng tektonik yang sudah mulai menukik.

Hasil monitoring BMKG hingga saat ini belum terjadi gempa bumi susulan. Untuk itu, masyarakat di sekitar Nusa Dua dan Kuta dihimbau agar tetap tenang. “Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami,” pungkasnya.(TMN)

Related posts

Leave a Comment