14.546 Pelamar CPNS Pemprovsu Diumumkan

seleksi administrasi pelamar CPNS

topmetro.news – Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemprov Sumut mengumumkan hasil seleksi administrasi pelamar CPNS di Lingkungan Pemprov Sumut formasi 2019.

Dari pelamar yang mendaftar sebanyak 14.546, yang lulus (memenuhi syarat) administrasi sebanyak 12.169. Dan yang tidak lulus (tidak memenuhi syarata) sebanyak 2.377.

Hasil itu disampaikan BKD Sumut dalam Pengumuman No. 800/35178/BKD/II/2019 tertanggal 16 Desember 2019, yang ditandatangani Plt Kepala BKD Sumut Syahruddin Lubis, Selasa (17/12/2019).

BACA JUGA | Kuota CPNS untuk Provinsi Sumut 4.620 Orang

Tahapan Seleksi Lanjutan

Semua peserta yang lulus, berhak mengikuti tahapan seleksi CPNS selanjutnya. Yaitu Seleksi Kompetensi Dasar dengan menggunakan Computer Assisted Test (CAT).

Namun tempat dan waktu pelaksanaan CAT belum ditentukan. Atau hal itu menyusul disampaikan melalui https://sscn.bkn.go.id dan www.sumutprov.go.id. Untuk kartu ujian, pelamar bisa mencetak sendiri melalui https://sscn.bkn.go.id.

Bagi yang tidak lulus, bisa melayangkan sanggahan yang dibuka mulai 17-19 Desember 2019 dengan sistem online di https://sscn.bkn.go.id. “Tidak dilayani sanggahan secara tatap muka langsung,” tegas Syahruddin dalam pengumuman itu.

Begitu pun, sanggahan hanya untuk memperjelas bilamana ada kekeliruan panitia seleksi yang mengakibatkan tidak lulusnya pelamar. Masa sanggah bukan berarti memperbaharui dokumen yang sudah didaftarkan sebelumnya.

Bagi pelamar yang ingin mengetahui selengkapnya soal pengumuman hasil seleksi administrasi pelamar CPNS, dapat diunduh dengan masuk dulu ke website www.sumutprov.go.id.

Perekrutan CPNS

Sebelumnya diberitakan, pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) resmi mengumumkan pembukaan rekrutmen CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) tahun 2019. Pendaftaran sudah dimulai 11 November 2019 lalu.

Hal itu tertuang dalam Pengumuman No. B/1069/M.SM.01.00/2019 tentang Informasi Penerimaan CPNS Tahun 2019 di Lingkungan Pemerintah Pusat dan Daerah yang diteken oleh Menteri PANRB Tjahjo Kumolo. “Rekrutmen kali ini dibuka pada 68 kementerian/lembaga dan 462 pemerintah daerah,” ujar Tjahjo di Jakarta melalui rilis yang diterima wartawan di Medan, Senin (28/10/2019) lalu.

Seperti sebelumnya, pendaftaran rekrutmen CPNS dilakukan pada laman (website) SSCASN BKN (sscasn.bkn.go.id). Satu orang pelamar hanya boleh mendaftar di satu instansi dan satu formasi jabatan di kementerian/lembaga/pemda.

Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) pada rekrutmen CPNS menggunakan Computer Assisted Test (CAT) yang telah terbukti menekan kecurangan dan percaloan. Rencananya, SKD akan dilakukan Februari 2020 dan dilanjutkan Seleksi Kompetisi Bidang (SKB) pada Maret 2020.

Selanjutnya, pengumuman terkait syarat pendaftaran dan lain-lain akan diumumkan Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan instansi masing-masing.

Dan sebagaimana disebutkan di atas, hasil seleksi administrasi pelamar CPNS di Lingkungan Pemprov Sumut formasi 2019, sudah diumumkan.

reporter | Erris JN

Related posts

Leave a Comment