Dinas Lingkungan Hidup Sumut Salurkan Bantuan Becak Sampah ke 4 Pemda di Nias

bantuan becak sampah

topmetro.news – Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Utara menyalurkan bantuan becak sampah kepada pemda di Kepulauan Nias. Keempat pemda itu adalah Gunung Sitoli, Nias Utara, Nias Selatan, dan Kabupaten Nias Barat. Masing-masing pemda mendapatkan bantuan tiga unit becak sampah.

Penyerahannya dipusatkan di Kantor Dinas Lingkungan Hidup Kota Gunungsitoli, di Desa Dahana Tabaloho, Selasa (17/12/2019).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sumut Binsar Situmorang menyampaikan, penyerahan bantuan becak sampah itu merupakan salah satu upaya mewujudkan komitmen Pmprov Sumut akan peningkatan program lingkungan hidup.

Binsar Situmorang juga menyampaikan bahwa di Tahun 2020 akan ada program ‘bank sampah’. Untuk itu diharapkan pemda se-Kepulauan Nias dapat giat merespon program provinsi itu.

Kualitas Pengelolaan Lingkungan

Mewakili pemda se-Kepulauan Nias oleh Walikota Gunungsitoli, diwakili Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Arham Dusky Hia, mengapresiasi dukungan Pemprov Sumut melalui Dinas Lingkungan Hidup yang telah menyerahkan bantuan kendaraan bermotor roda tiga atau becak sampah itu.

Pemko Gunungsitoli sendiri, menurutnya memiliki anggaran yang terbatas. Karenanya Pemprov Sumut diharapkan tetap memberikan dukungan dan bantuan teknis untuk peningkatan pengelolaan persampahan.

Kadis Lingkungan Hidup Kota Gunungsitoli Yarniwaty Gulo, menambahkan, secara umum pengelolaan lingkungan hidup sudah dimulai dan semakin ditingkatkan. Baik penataan dan penaatan perlindungan dan pengelolaan lingkungan. Juga pengelolaan sampah, Limbah B3 dan peningkatan kapasitas. Serta pengendalian pencemaran dan kerusakan lingkungan. Namun tetap masih terdapat kekurangan.

Dalam kurun waktu empat tahun terakhir ini, katanya, Pemko Gunungsitoli tidak menerima dana DAK, karena belum memenuhi syarat teknis untuk itu. “Namun demikian tetap komit melakukan langkah-langkah konkrit untuk memperlengkapi dan memenuhi berbagai instrumen dan tahapan kerja yang disyaratkan dalam pengelolaan sampah. Sehingga suatu saat kita dapatkan kembali DAK dan berbagai bantuan lainnya. Baik dari pemerintah pun Pemerintah Provsu khusus bidang lingkungan hidup ini,” ujar Yarni.

Selanjutnya Yarni Gulo juga mengharapkan dukungan masyarakat maupun pengunjung Kota Gunungsitoli, untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan. Serta tidak membuang sampah sembarangan dan meningkatkan kepedulian untuk kelestarian lingkungan.

Turut hadir para Kadis Lingkungan Hidup di Kabupaten Nias Utara, Nias Barat, dan Nias Selatan. Kemudian rombongan dari Dinas Lingkungan Hidup Sumut serta undangan lainnya.

reporter | Erris JN

Related posts

Leave a Comment