Kapal Cepat Pemkab Aceh Singkil Sudah Sama dengan Wilayah Lain di Indonesia

Kapal Cepat KM Tailana

topmetro.news – Kapal Cepat KM Tailana berpenunpang 60 orang milik Pemkab Aceh Singkil diresmikan, Jumat (27/12/2019). Kapal ini pun siap melayani penumpang yang ingin menuju wilayah Kepulauan Banyak.

KM Cepat Tailana yang dananya bersumber dari Dana Otsus APBK Tahun 2019 tersebut, saat ini bersandar di Anak Laut Kecamatan Singkil Utara.

Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi

Pengadaan Kapal Cepat KM Tailana ini adalah usulan Wakil Bupati Aceh Singkil Sazali untuk tujuan percepatan pertumbuhan ekonomi masyarakat Singkil. Juga sekaligus mempermudah akses Singkil Pulau Banyak atau sebaliknya.

Selain KM Cepat Tailana, juga ada tiga speed boat ukuran kecil serta dua mobil ambulan yang ‘dipeseujeuk’.

Bupati Aceh Singkil Dulmusrid mengatakan bahwa KM Tailana ini diperuntukan bagi masyarakat yang ingin menuju wilayah kepuluan. “Dengan banyaknya masyarakat yang berada di kepulauan dan bagi pelancong yang hendak menuju wisata Kepulauan Banyak, saat ini bisa terbantu dengan adanya KM Tailana yang dapat menampung penumpang sampai 60 orang,” kata Dulmusrid.

Pengadaan KM Tailana ini, selain mempermudah akses masyarakat kepulauan, juga dapat mendongkrak minat turis lokal maupun mancanegara untuk berkunujung ke Aceh Singkil.

Dulmusrid menambahkan, mengenai dermaga tambat yang belum ada, diminta kepada Dinas Perhubungan agar secepatnya dipersiapkan. “Direncanakan dermaga tambat untuk KM Tailana ini berada di Danau Anak Laut. Agar para penumpang tak merasa kesusahan saat menaikinya. Mengingat lokasinya juga sangat strategis,” tutur bupati.

Tantangan Transportasi Laut

Bupati dan Wakil Bupati saat meresmikan dan ‘peuseujeuk’ terhadap Kapal Cepat KM Tailana | topmetro.news

Sementara itu Camat Pulau Banyak Mukhlis mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil atas program pengadaan KM Tailana.

“Dengan adanya KM Tailana ini akan memudahkan masyarakat kami yang berada di kepulauan. Dan tentu akan meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar serta menjawab tantangan transportasi laut Singkil yang selama ini dianggap terbatas dan kurang refresentatif,” kata Mukhlis.

“Dengan adanya Kapal Cepat KM Tailana ini sudah sejajar dengan wilayah kepulauan lain di indonesia, seperti Kota Sabang,” imbuhnya.

reporter | Rusid Hidayat Berutu

Related posts

Leave a Comment