PWI Sumut Gelar Ujian Calon Anggota Muda dan Biasa, Dirut Bank Sumut: Peranan Media Sangat Penting Diperbankan

PWI Sumut

topmetro.news– PWI Sumut bekerjasama dengan Bank Sumut menggelar ujian calon anggota muda dan kenaikan tingkat dari anggota muda menjadi anggota biasa, Sabtu (28/12/2019) di Ballroom Lt. 10 Bank Sumut Jalan Imam Bonjol.

Dalam sambutannya Dirut Bank Sumut, Muchammad Budi Utomo mengatakan peranan media sangat penting di dunia perbankan khususnya Bank Sumut yang kini akan go public.

Kelangsungan Bank Daerah ini, menurut Muchammad Budi Utomo untuk melakukan perubahan harus didukung sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas.

“Artinya, kelangsungan manajemen Bank Sumut banyak regulasi serta membuka akses. Seperti melakukan penawaran umum atau initial public offering (IPO) yang biasa disebut go public,” ucapnya saat membuka ujian calon anggota muda dan biasa PWI Sumut.

Bank Sumut Go Public

Selain itu menurutnya lagi, untuk meningkatkan perusahaan dan value (nilai) perusahaan diperlukan pertumbuhan perusahaan yang bisa menarik investor. Selain go public Bank Sumut juga melakukan strategi manajemen untuk meningkatkan perusahaan di Bursa Efek Indonesia yang bertujuan keprofesionalisme dan kinerja karyawan.

“Maka untuk menjadi perusahaan profesional tadi maka yang harus dilakukan Bank Sumut memenuhi persyaratan Good Corporate Governance (GCG). Dan ini harus diketahui pemegang saham di 33 Kabupaten/Kota di Sumatera Utara,” ujar Muchammad Budi Utomo.

Lanjutnya lagi, selain program dan pengembangan manajemen Bank yang pemilik sahamnya Pemprovsu dan 33 Kabupaten/Kota ini juga punya Bankers serta melakukan program yang sudah ada. Seperti banking service dan pelayanan secara online bahkan masih banyak inovasi menuju 2020-2021.

Dalam kesempatan itu Muchammad Budi Utomo juga mengucapkan terimakasih kepada Ketua dan pengurus Persatuan Wartawan Indonesia Provinsi Sumatera Utara. Karena itu kegiatan ujian penjaringan calon anggota PWI Sumut ini dapat terlaksana dan berjalan sukses.

“Saya atas nama manajemen Bank Sumut mengucapkan selamat. Semoga apa yang di dapatkan dari hasil ujian nanti dapat diterapkan untuk lebih profesional lagi. Dan diharapkan dapat bersinerji dengan Bank Sumut untuk mensosialisasikan program kerja kepada masyarakat di Provinsi Sumut,” ucapnya.

Bank Sumut Banyak Persamaan Dengan Jurnalis

Masih penuturan Muchammad Budi Utomo yang mencontohkan bahwa tugas media dan Bank memiliki kesamaan di tengah-tengah masyarakat, namun Media mampu membentuk opini buruk atau baiknya suatu bank itu melalui berita.

“Untuk itulah Bank Sumut dan Media selalu tetap menjalin hubungan kemitraan yang baik sehingga sosialisasi kami kepada masyarakat Sumatera Utara dapat tersampaikan dan berjalan sesuai vizi dan misi kami,” ujarnya sambil mengucapkan selamat mengikuti ujian calon anggota PWI muda dan biasa kepada para peserta.

Sementara di tempat yang sama Ketua PWI Sumut, H. Hermansjah, SE dalam sambutannya, mengucapkan terimakasih kepada Direktur Utama Bank Sumut, Budi Utomo dan Sekretaris, Syahdan Siregar beserta jajaran Bank Sumut yang telah berkenan memberikan fasilitas dan dukungan sehingga kegiatan ujian pencalonan anggota PWI Muda dan Sumut terlaksana dengan lancar.

Baca Juga: Catatan Akhir Tahun 2019 PWI: Tegakkan Independensi dan Profesionalisme Pers

“Para peserta ujian kali ini berasal dari berbagai daerah di Sumatera Utara, berjumlah 78 peserta yang mana dari 16 Calon Anggota Biasa 13 yang hadir sedangkan untuk Calon Anggota Muda dari 93 yang hadir 65 peserta dari berbagai media. Di harapkan nantinya kegiatan ini juga dapat tersebar di media kita masing-masing sehingga semakin banyak mengetahui bahwa PWI Sumut semakin maju termasuk. Juga Bank Sumut yang merupakan Bank nya pemerintah provinsi Sumatera Utara,” terang Hermansjah.

Pesan Ketua PWI Sumut

Tambahnya, ujian saat ini lebih banyak mengangkat tentang UU Pokok Pers, Kode Etik Jurnalis dan umum. Wartawan juga diharapkan mampu berinovasi dan harus mampu berkembang mengikuti kebutuhan jaman era 4. 0 saat ini.

“Kita sangat prihatin ketika mengetahui ternyata banyak yang berprofesi wartawan namun hanya sedikit yang membaca UU Pokok Pers No. 40 Tahun 1999 dan KEJ saat bertugas. Sehingga kurang memahami fungsinya sebagai jurnalis. Seperti yang dikutip dari Bina Armada Sukardi, yang meyebutkan dari sekian banyak wartawan hanya 20 persen yang membaca KEJ,” ucap Hermansjah sambil berharap para peserta ujian menjadi anggota PWI Sumut terus belajar menjadi lebih profesional.

Hal senada juga diunhkapkan Ketua Panitia Ujian, Khairul Muslim mengatakan dari 93 peserta yang mendaftar. Sedangkan untuk calon anggota Muda yang hadir berdasarkan absensi 63 peserta. Untuk peserta anggota Biasa, dari 16 peserta berdasarkan absensi 13 peserta yang hadir.

“Belum lagi yang mendaftar langsung ke sekretariat PWI Sumut yang mungkin datanya tidak sampai ke kami. Boleh juga mendaftar kembali disini, dan ikut ujian,” sebutnya.

Khairul juga menjelaskan bahwa terlaksananya kegiatan tersebut atas kerjasama PT. Bank Sumut bersama PWI Sumatera Utara.

Adapun para pengurus PWI Sumut yang menghadiri pelaksanaan ujian tersebut yakni, Sekjen PWI Sumut Edward Thaher, Bendahara Jul Anwar, Wakil Bendahara Hartati. Hadir juga penasehat PWI, Roni Simon dan Wakil Ketua Bidang Organisasi Rizal Rudi Surya, Wakil Sekretaris Rifki Warisan, Seksi Pendidikan Evaluasi Siregar dan lainnya.

Penulis | Erris JN

Related posts

Leave a Comment