PSSI Resmi Gaet Shin Tae-yong Jadi Pelatih Timnas Indonesia

pssi resmi gaet shin tae-yong jadi pelatih timnas indonesia

Topmetro.News – PSSI resmi menggaet Shin Tae-yong sebagai pelatih Timnas Indonesia. Arsitek asal Korea Selatan itu diperkenalkan secara langsung kepada media di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, pada Sabtu (28/12/2019).

Ketua PSSI, Mochamad Iriawan, lebih dulu datang sekitar pukul 13.30 WIB. Disusul oleh Wakil Ketua PSSI, Iwan Budianto beberapa menit kemudian. Adapun, Shin Tae-yong baru tiba di Stadion Pakansari pukul 14.15 WIB berbarengan dengan Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria.

Prosesi pengenalan pelatih yang membawa Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 ini dimulai dengan sesi penandatanganan kontrak, penyerahan simbolis, dan konferensi pers yang diakhiri sesi tanya jawab dengan wartawan. “Shin Tae-yong menandatangani kontrak empat tahun untuk melatih Timnas Indonesia,” ujar Iriawan.

Shin Tae-yong terpilih sebagai pelatih Timnas Indonesia setelah menyingkirkan kandidat lainnya, Luis Milla Aspas. Sebelumnya, keduanya telah menghadap ke PSSI untuk mempresentasikan program kepelatihan pada November 2019.

Tantangan pertama Shin Tae-yong dalam membesut Timnas Indonesia adalah menghadapi Thailand pada partai keenam putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 Grup G. Pertandingan tersebut bakal digelar pada 26 Maret 2020.

pelatih timnas indonesia
Teks Foto: Selain dipercayakan menjadi pelatih Timnas Indonesia senior, Shin Tae-yong juga akan menangani Timnas Indonesia U-20.(Foto:IST)

Shin Tae-yong Juga Tangani Timnas Indonesia U-20

PSSI resmi mengontrak Shin Tae-yong sebagai manajer sekaligus pelatih Timnas Indonesia. Arsitek tim asal Korea Selatan itu juga merangkap jabatan di Timnas Indonesia U-20. PSSI dan Shin Tae-yong menyepakati kontrak selama empat tahun. Pelatih berusia 50 tahun ini juga akan menjadi supervisi pelatih-pelatih untuk Timnas Indonesia level usia U-16 dan U-22.

Tangan dingin Shin Tae-yong diperlukan PSSI untuk melatih Timnas Indonesia U-20. Sebab, skuat kelompok umur itu akan tampil di Piala Dunia U-20 2021 sebagai tuan rumah. “Dia melatih Timnas Indonesia senior dan U-20. Namun, dia juga ingin memantau perkembangan timnas level usia seperti U-22 dan U-16,” ujar Ketua PSSI, Mochamad Iriawan pada prosesi perkenalan Shin Tae-yong di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Sabtu (28/12/2019).

Terpisah, Iwan Budianto selaku Wakil Ketua PSSI mengatakan, ikatan kontrak antara federasi dengan Shin Tae-yong sebagai manajer pelatih Timnas Indonesia senior dan U-20. Hanya saja, juru taktik kelahiran Yeongdeok-gun, Korea Selatan tersebut juga punya kuasa di timnas kelompok umur U-16 dan U-22.

“Jadi Shin Tae-yong statusnya manajer dan pelatih untuk Timnas Indonesia dan U-20. Dia juga akan membantu Timnas Indonesia U-16 dan U-22,” imbuh Iwan Budianto.

Iwan Bule, panggilan Iriawan mengatakan, para pelatih lokal akan mendampingi Shin Tae-yong di Timnas Indonesia dan U-20. Hanya saja, PSSI belum dapat mengumumkan asistennya tersebut.

“Dia membawa staf kepelatihan dari Korea Selatan. Dia kami minta bantu untuk Timnas Indonesia U-16, U-20, dan U-22 juga,” imbuh Iwan Bule.

“Untuk pelatih lokal, kami belum bisa menyebutkannya. Nanti setelah Shin Tae-yong kembali ke sini,” tutur Iwan Bule.(TMN)

sumber:bola.com

Related posts

Leave a Comment