Diterjang Banjir Bandang, 3 Rumah Hanyut, Jembatan Putus di Sumut

diterjang banjir bandang

TOPMETRO.NEWS – Diterjang banjir bandang, Dusun Siria Ria, Desa Pematang, Kecamatan Na IX-X, Kabupaten Labuhanbatu Utara, porak-poranda. Kejadian ini mengakibatkan tiga rumah hanyut dan jembatan dilaporkan putus.

Diterjang Banjir Bandang, Akses Jalan Terputus

“Data sementara menyebutlan 3 rumah hanyut, jembatan penghubung Dusun Padang Nabidang menuju Dusun Siria-ria terputus total, bahkan akses untuk berjalan tidak bisa ditempuh menuju Dusun siria-ria,” ujar Agus Wibowo, Kapusdatinkom BNPB, Minggu (29/12/2019) seperti disiarkan okezone.

baca juga | UNTUNG ADA TNI, BERSAMA MASYARAKAT, NKRI UTUH TERJAGA

Laporan yang diterima Agus dari Kepala Pelaksana BPBD Sumut, Riadhil A. Lubis, menyebutkan, hujan dengan intensitas deras menyebabkan meluapnya sungai Lubuk Natiko dan Sungai Siria-Ria. Banjir membawa material kayu dan batu dari arah hulu pada 29 Desember 2019 sekira pukul 01.30 WIB.

“Aliran banjir juga menyebabkan banjir di Kabupaten Labuhanbatu yaitu di Dusun Aek Pala, Desa Janji. Rumah warga sebanyak 11 unit terendam air. BPBD Kabupaten Labuhanbatu sudah turun ke lapangan untuk membantu warga,” ujarnya.

Butuh Alat Berat

Untuk saat ini, kata Agus, dibutuhkan alat berat membersihkan material batu dan kayu. Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan instansi terkait sudah turun ke lapangan untuk melakukan kajian cepat dan pertolongan pertama.

baca juga | ACEH DISAPU BANJIR BANDANG, BELASAN PETANI DAN ANAK-ANAK TERSERET ARUS

Seperti diwartakan TOPMETRO.NEWS sebelumnya, Aceh pun dilaporkan ‘disapu’ banjir bandang.

Peristiwa ini terjadi di Desa Penanggalan Barat, Kecamatan Penanggalan, Kota Subulussalam, Aceh, Kamis (28/11/2019). Belasan warga yang berprofesi sebagai petani bersama anak-anak mereka saat berada di area persawahan, dilaporkan sempat terseret arus banjir.

sumber | okezone

Related posts

Leave a Comment