Dugaan Pembunuhan Hakim PN Medan Terungkap, 3 Tersangka Termasuk Istri Korban

pembunuhan Hakim PN Medan

topmetro.news – Jajaran Poldasu bekerjasama dengan Polrestabes Medan disebut-sebut berhasil mengungkap kasus dugaan pembunuhan Hakim PN Medan Jamaluddin (55). Istri hakim tersebut bahkan disebut ikut terlibat.

Sebagaimana informasi dihimpun, penyidik telah menetapkan tiga orang tersangka, termasuk istri (kedua) korban berinisial ZH. Sedangkan dua tersangka lainnya berinisial KB dan R disebut-sebut sebagai ‘eksekutor’ atas suruhan ZH.

Humas PN Medan Erintuah Damanik yang dikonfirmasi awak media, Selasa (7/1/2020), membenarkan tentang ‘bocoran informasi’ seputar telah dibekuknya ketiga pelaku dugaan pembunuhan Hakim PN Medan Jamaluddin oleh penyidik.

Beri Apresiasi

“Meski dalam pengungkapannya memakan waktu yang cukup lama, kami sampaikan apresiasi atau penghargaan sebesar-besarnya kepada rekan penyidik atas pengungkapan kasus ini (dugaan pembunuhan Jamaluddin ketika itu juga dikenal sebagai Humas PN Medan-red),” kata Erintuah.

Ia juga mengungkapkan tertangkapnya para pelaku diketahuinya dari sejumlah media online, di mana pelakunya diantaranya ZH, JB dan R.

Selain itu mengenai sikap pengadilan terkait satu dari tiga pelaku merupakan istri Korban, Erintuah mengatakan tentu ketika dilimpahkan dan disidangkan, pihak majelis hakim yang diperintahkan pimpinan menyidangkan perkara dimaksud tentunya mengedepankan fakta di persidangan. Serta berikut barang bukti yang ditemukan oleh pihak penyidik.

“Tidak berdasarkan atas sentimen atau segala macam. Nantinya kita tetap berdasarkan fakta dan bukti-bukti di persidangan,” pungkasnya.

Kebun Sawit

Dilansir sebelumnya, usai diautopsi jenazah Jamaluddin langsung diberangkatkan ke kampung halamannya di Desa Nigan, Kecamatan Seunagan, Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD).

Pemberangkatan jenazah korban juga dilepas langsung Ketua PN Medan Sutio bersama para hakim dan panitera serta pegawai pengadilan.

Warga menemukan mobil Land Cruiser, BK 77 HD dalam posisi menabrak pohon kelapa sawit di kawasan perkebunan Dusun II Namo Rindang, Desa Sukarame, Kecamatan Kutalimbaru, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Jumat (29/11/2019). Warga kemudian melaporkan hal itu kepada pihak kepolisian.

Kapolsek Kutalimbaru melalui Kanit Reskrim Iptu R Ginting saat dikonfirmasi wartawan menyebutkan korban diduga merupakan korban pembunuhan.

“Untuk sementara kita menduga temuan korban pembunuhan. Untuk korban ditemukan di lantai mobil bagian bangku tengah dengan posisi miring. Dengan wajah mengarah ke bagian depan,” katanya ketika itu.

Ternyata setelah dilakukan pengecekan, pria yang ditemukan dalam kondisi tak bernyawa bernama Jamaluddin yang merupakan hakim di PN Medan.

reporter | Robert Siregar

Related posts

Leave a Comment