Kabupaten Sergai Masuk 10 Besar Anugerah Kebudayaan PWI

Kabupaten Sergai

topmetro.news – Bupati Sergai (Serdang Bedagai) Soekirman menghadiri Anugerah Kebudayaan yang digelar oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), di Kantor PWI di Gedung Dewan Pers, Jakarta Pusat, Rabu (8/1/2020). Dalam acara ini Kabupaten Sergai termasuk 1 dari 10 nominasi Bupati/Walikota peraih Anugerah Kebudayaan PWI (AK-PWI) Pusat itu.

Sementaa itu, Ke sembilan Pimpinan daerah lain yang ikut masuk nominasi yang adalah.

1. Wali Kota Tangsel (Banten) Airin Rachmi Diany
2. Wali Kota Banjarmasin (Kalimantan Selatan) Ibnu Sina
3. Walikota Ambon (Maluku) Richard Louhenapessy
4. Bupati Tubaba (Lampung) Umar Achmad
5. Bupati Halmahera Barat Danny Missy
6. Bupati Luwu Utara (Sulawesi Selatan) Indah Putri Indriani
7. Bupati Gunung Kidul (DI Yogyakarta) Badingah;
8. Wali Kota Baubau (Sulawesi Tenggara) AS Tamsir; dan
9. Bupati Tabalong (Kalimantan Selatan) Anang Syakhfiani.

Kegiatan diawali dengan melakukan sesi pemotretan khusus, menggunakan pakaian adat Melayu Teluk Belanga Kabupaten Sergai. Soekirman pun melaksanakan sesi pengambilan gambar, sambil sesekali berinteraksi dengan para Kepala Daerah yang hadir dengan pakaian tradisional masing-masing.

Dalam kesempatan itu Soekirman mengatakan, ini merupakan kebanggaan dan kehormatan bagi Kabupaten Sergai karena secara langsung, masuknya Sergai dalam nominasi merupakan pengakuan nyata dari lembaga kredibel PWI terhadap perhatian.

Kabupaten Sergai Satu-satunya Yang Lolos Nominasi di Sumut

Pemkab Sergai pada budaya, yang hidup dan berkembang di daerah. Selain itu, lanjutnya menjadi lebih membanggakan karena Sergai merupakan satu-satunya perwakilan daerah dari Provinsi Sumut, yang lolos dan masuk dalam nominasi Anugerah PWI.

Menurut Bupati Sergai, Kebudayaan merupakan salah satu pondasi penting pembangunan daerah. Karena selain nilai luhur yang terkandung di dalamnya, budaya juga dapat dijadikan sektor pariwisata potensial yang meningkatkan PAD dan perekonomian masyarakat, seperti Kabupaten Sergai.

“Ibarat tanah, kebudayaan menentukan tumbuh kembangnya bidang vital sebuah daerah. Semakin subur budaya sebagai tanah, maka semakin baik pula aspek ekonomi, politik dan sosial yang tumbuh di atasnya,” pungkas Soekirman.

Ketua PWI Pusat Atal S Depari dalam sambutannya menyerukan agar kebudayaan sebagai produk bangsa harus dibangkitkan.

Baca Juga: Kabupaten Sergai Raih Penghargaan Pasar Tertib Ukur

Bahkan UNESCO kata Atal, Indonesia merupakan negara super power dalam bidang budaya.

“Ini terbukti dari kehadiran bapak dan ibu yang datang dengan pakaian kebesaran budaya masing-masing. Saya merasa seperti sedang berjumpa dengan raja-raja besar,” kata Atal.

Acara dilanjutkan dengan pengundian nomor urut untuk presentasi proposal. Bupati Sergai Soekirman sendiri mendapat giliran ke 8 dalam urutan presentasi pemaparan program Kabupaten Sergai.

Reporter | Dina Mariana

Related posts

Leave a Comment